10 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan, Mudah dan Aman | merdeka.com

10 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan, Mudah dan Aman | merdeka.com

Custom Text

10 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan, Mudah dan Aman

Merdeka.com – Memiliki berat badan ideal adalah asa semua orang. Keinginan yang membumbung tinggi kadang-kadang membuat seseorang lupa memilih cara yang kondusif untuk menurunkan berat badan. Mereka memilih jalan pintas dengan mengonsumsi obat diet, olahraga ekstrem hingga diet ketat sering dilakukan.

Sebenarnya poly cara yang bisa kita pilih untuk mengontrol berat badan, cara yang mudah dan aman sangat poly tentunya, tinggal bagaimana komitmen kita untuk melakukannya. Berikut 10 cara sehat menurunkan berat badan, muda dan aman yang telah Merdeka.com rangkum dari majemuk sumber pada Selasa, (25/2).

1 dari 10 halaman

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Serat adalah karbohidrat yang ditemukan pada makanan nabati seperti buah, sayur dan biji-bijian. Berbeda dengan karbohidrat lainnya serat cenderung sulit untuk dipecah dan dicerna oleh tubuh.

Maka dari itu serat justru akan menggelontor dan melancarkan sistem pencernaan dengan gampang tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Makanan yang mengandung serat adalah makanan yg wajib kamu konsumsi saat sedang diet, karena makanan yg mengandung banyak serat akan membuat kita merasa kenyang tanpa makan terlalu banyak kalori.

2 dari 10 halaman

2. Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi

Untuk mendapatkan berat badan yg ideal kamu perlu menghindari mengonsumsi snack dengan kadar gula tinggi. Sebelum makan lebih baik baca terlebih dulu tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack.

Terlalu tidak jarang mengonsumsi makanan yang mengandung gula memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan mansi, obesitas, gigi berlubang, dan beragam penyakit lainnya. Selain itu hindari juga minuman bersoda karena terlalu poly mengandung gula yang sangat tinggi.

3 dari 10 halaman

3. Yoga

Selain menjaga pola makan, untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal kamu bisa mengikuti kelas-kelas Yoga. Olahraga yoga belakangan ini dipercaya dapat menurunkan berat, meskipun kalori yang dibakar saat yoga tak sebanyak saat melakukan olahraga kardio dan aerobik.

Yoga sendiri yaitu olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India menyebutkan bahwa melakukan yoga bisa membantu seseorang untuk menghilangkan gas berlebihan di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

4 dari 10 halaman

4. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara yang paling mudah tetapi tetap aman bagi menurunkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Rutin minum air putih dapat melancarkan kerja ginjal bagi membuang limbah dan racun berbahaya dalam tubuh. Cukup dengan minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter air mampu membakar 100 kalori perharinya.

5 dari 10 halaman

5. Rajin Konsumsi Madu dan Jahe

Rajin mengonsumsi madu dan jahe mulai memberikan energi yang lebih untuk tubuh. Jadi tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi makanan, karena kebutuhan energi sudah terpenuhi.

Kalau kamu ingin memiliki bentuk tubuh yg sehat dan ideal cobalah untuk mulai mengonsumsi jahe yg dicampur dengan madu murni, dengan begitu program diet yang sedang kamu jalani jadi jauh lebih efektif hasilnya.

6 dari 10 halaman

6. Hindari Mengonsumsi Makanan Siap Saji

Makanan siap saji saat ini sedang menjadi tren, padahal mengonsumsinya terlalu sering akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah berisiko terkena penyakit obesitas. Hal tersebut karena makanan siap saji cuma akan menimbun lemak dalam tubuh.

Cara yang paling ampuh dan kondusif untuk menurunkan berat badan adalah dengan tak mengonsumsi makanan siap saji. Sebagai gantinya kamu dapat memilih makanan yang memiliki kandungan protein seperti telur ayam ataupun ikan.

7 dari 10 halaman

7. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Sayur dan buah kaya mulai kandungan nutrisi yang baik untuk metabolisme dalam tubuh. Seseorang yang merasa berat badannya berlebih, sebaiknya perlu lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara teratur.

Kandungan serat yg tinggi dalam sayur maupun buah-buahan membuat berat badan mulai lebih mudah untuk turun. Sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan tidak hanya sekedar menurunkan berat badan melainkan juga mampu memperlambat penyerapan gula. Sayur dan buah juga mampu membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan membersihkan saluran pencernaan.

8 dari 10 halaman

8. Berpikir Positif

Dalam proses menurunkan berat badan selain menentukan target, kamu juga perlu mengontrol pikiran agar tetap positif dan optimis. Pikirkan bahwa kamu akan berhasil mendapatkan apa yang kamu mau. Biasakan buat tidak memikirkan makanan-makanan yang akan membuat diet kamu jadi gagal.

9 dari 10 halaman

9. Rajin Olahraga

Jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat, kamu harus mulai sering berolahraga. Jangan gampang menyerah tak perlu olahraga yang terlalu berat dulu, kamu bisa mencoba olahraga-olahraga yang ringin seperti yoga atau aerobik. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

10 dari 10 halaman

10. Perbanyak Frekuensi Makan, Kurangi Porsi Makan

Banyak orang salah paham tentang frekuensi makan saat diet. Anggapan yang berkembang adalah mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Kenyataannya justru lain. Orang dengan porsi makan besar meski cuma sekali malah menimbulkan masalah baru.

Seharusnya yang perlu dilakukan bukan mengurangi frekuensinya, melainkan mengurangi porsi makanannya, seperti makan 3 suap nasi dan lauknya tapi dalam frekuensi yang lebih sering. Jadi tetap dengan makan tiga kali dalam sehari tapi dengan porsi yang lebih kecil.

[nof]

Artikel ini telah ditulis oleh www.merdeka.com dengan judul 10 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan, Mudah dan Aman | merdeka.com.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *