10 Macam Diet Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Aman dan Mudah | merdeka.com

10 Macam Diet Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Aman dan Mudah | merdeka.com

Custom Text

10 jenis Diet Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Aman dan Mudah

Merdeka.com – Memiliki tubuh yang sehat dan ideal adalah impian poly orang. Menerapkan pola hidup sehat hingga sedang diet adalah cara yang dapat ditempuh buat mendapatkan tubuh yang diinginkan.

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat, simak ulasan mengenai macam diet sehat yg dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 10 halaman

Diet Tinggi Protein

protein

iStockphoto

Macam diet yg pertama yakni diet tinggi protein. Dilansir dari alodokter, diet ini adalah jenis diet yang berfokus pada konsumsi makanan tinggi protein. Namun dalam waktu yang bersamaan, pelaku diet ini juga diharuskan bagi membatasi asupan karbohidrat yang berasal dari biji-bijian, buah, sayuran, dan sereal.

Konsep diet ini yakni menekan asupan karbohidrat sehingga tubuh mampu membakar lemak lebih banyak dan menghasilkan lebih banyak energi pula. Sebelum melakukan diet ini, Anda perlu buat berkonsultasi dengan dokter terkait rencana diet yg sehat dan aman.

2 dari 10 halaman

Diet Mayo

cara diet sehat

©2020 Merdeka.com

Macam diet yg berikutnya yakni ialah diet mayo. Diet yg pada dasarnya mirip dengan diet tinggi protein ini juga sama-sama bertujuan buat menekan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dengan menyisipkan grapefruit sebagai salah sesuatu menu utama.

3 dari 10 halaman

Diet Shake

protein

boldsky.com

Macam diet yg ketiga adalah diet shake atau lebih dikenal dengan susu diet. Susu diet yang rendah kalori adalah salah sesuatu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan dengan tetap memperhatikan asupan yg dikonsumsi.

Jenis diet yang satu ini cocok bagi Anda yg kurang memiliki waktu untuk berbelanja hingga menyiapkan makanan sehat sendiri. Sebab, Anda hanya cukup membuat dan mengonsumsi susu diet dalam waktu kurang dari 5 menit.

4 dari 10 halaman

Diet Paleo

cara diet sehat

©2020 Merdeka.com

Macam diet yg selanjutnya ialah diet paleo. Diet ini menekankan bagi mengonsumsi makanan yang telah mengalami proses alami seperti dibakar, dikukus, hingga direbus.

Beberapa bahan makanan yg dianjurkan dikonsumsi selama menerapkan diet ini adalah makanan laut segar, sayuran hijau, dan zaitun yang menjadi menu utama dalam diet paleo. Sebab, zaitun dipercaya memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh hingga menurunkan kolesterol dan lemak jahat sebagai penyebab berat badan.

5 dari 10 halaman

Diet Alkaline

diet

©2020 Merdeka.com

Macam diet selanjutnya adalah diet alkaline yg berfokus pada sumber makanan yang memiliki kandungan tinggi alkaline, suatu zat alami yang berkhasiat bagi tubuh. Beberapa sumber makanan tinggi alkaline yang mampu Anda pilih adalah makanan alami yang tumbuh dari pohon maupun tanah.

Makanan tinggi alkaline dapat menyeimbangkan pH tubuh sehingga Anda akan terhindarkan dari berbagai jenis gangguan kesehatan yang berpotensi mengancam jiwa seperti obesitas hingga diabetes.

6 dari 10 halaman

Clean Eating

buah

©2015 Merdeka.com/shutterstock/mpessaris

Macam diet keenam adalah clean eating yang bertujuan untuk mengurangi asupan minyak berlebih pada makanan yg dikonsumsi. Beberapa makanan dapat menjadi referensi Anda melakukan clean eating adalah makanan segar, organik, serta kaya nutrisi.

Hindari untuk mengonsumsi makanan yg mengenyangkan secara instan dan nol nutrisi seperti junk food, makanan instan yang mudah diolah, hingga makanan yg memiliki waktu yang lama dan sulit dalam proses memasaknya. Sebab proses memasak yang demikian, terkadang mulai menyebabkan beberapa kandungan vitaminnya berkurang bahkan hilang.

7 dari 10 halaman

Food Combining

ilustrasi sayuran hijau

©Shutterstock.com/Africa Studio

Macam diet yg selanjutnya yaitu food combining yang bertujuan buat mengurangi hingga menghindari konsumsi karbohidrat dan protein dalam waktu yg bersamaan. Sebab, kedua sumber gizi ini mulai sulit dicerna oleh tubuh dan menimbulkan penyakit apabila dikonsumsi secara bersamaan.

Anjuran terbaik buat melakukan jenis diet ini adalah konsumsi karbohidrat dengan sayuran ataupun sayuran yang dikombinasikan dengan protein. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kombinasi karbohidrat dan protein serta memungkinkan tubuh buat mendapatkan asupan sehat dari sayuran yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup tinggi.

8 dari 10 halaman

Diet Atkins

sebelum mencoba diet vegan ini sisi positif dan negatifnya

©2020 Merdeka.com

Macam diet yg berikutnya adalah diet atkins. Jenis diet yg lebih sering disebut dengan Atkins Nutritional Approach ini berfokus bagi mengatur jumlah dan kadar insulin pada tubuh.

Caranya, diet ini bekerja dengan konsumsi sumber makanan yg rendah karbohidrat dan menggantinya dengan asupan protein dan lemak baik.

9 dari 10 halaman

Zone Diet

sebelum coba diet vegan ini sisi positif dan negatifnya

©2020 Merdeka.com

Zone diet adalah kebalikan dari segala jenis diet yang ada. Apabila semua diet cenderung mengurangi asupan karbohidrat dan lemak, jenis diet yang satu ini justru memperbolehkan Anda buat mengonsumsi semua jenis makanan.

Kendati demikian, ada syarat yg harus dipenuhi yakni membaginya ke dalam porsi yg sesuai dengan aturan. Dalam satu kali makan, asupan yang diharuskan dari diet ini adalah 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 30 persen lemak.

10 dari 10 halaman

Mediterranean Diet

zaitun

www.bigolive.com.au

Diet yg satu ini berasal dari kebiasaan makan sehat bangsa Eropa yg tinggal di bagian selatan seperti Yunani dan Italia. Diet ini berfokus pada sayuran dan buah segar yg harus ada sebagai makanan penutup.

Selain itu, beberapa sumber makanan yg dikonsumsi meliputi kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, yoghurt, 4 buah telur per minggu, ikan, dan sedikit daging merah.

[mta]

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.merdeka.com dengan judul 10 Macam Diet Sehat yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Aman dan Mudah | merdeka.com.
Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *