Custom Text

6 Cara mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ideal dan sehat? segala orang pasti ingin mendapatkannya dengan cepat. Ada banyak metode bagi mendapatkan badan ideal dan sehat, salah satunya dengan melakukan diet dan olahraga. Sayangnya, beberapa orang yang melakukan diet dan olahraga akhirnya mengalami rasa belum makan yang luar biasa setelah melakukan kedua hal tersebut. Porsi makan jadi lebih banyak dan membuat berat badan kamu naik dengan cepat.

Baca juga:

8 Kesalahan Penerapan Diet yang sering Dilakukan

Jangan putus asa terlebih lalu, karena ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan selain diet dan berolahraga. Cukup lakukan sedikit perubahan pada pola hayati kamu, sehingga memiliki tubuh yang diinginkan bukan cuma impian saja. Jika bosan melakukan diet dan olahraga yang itu-itu saja, kamu bisa melakukan cara ini:

  • Jangan Lupa untuk Sarapan

Sarapan itu penting dan tak boleh dilewatkan. Jika pengin berat badan kamu tak bertambah atau berkurang, sebaiknya jangan pernah tinggalkan sarapan. Sarapan merupakan faktor penting yang membuat berat badan tetap stabil.

Pilih jenis sarapan yang sehat dan juga bernutrisi. Dilansir dari Very Well Fit, sebaiknya perhatikan jumlah takaran sarapan yg kamu konsumsi dan persiapkan sarapan dengan baik dengan makanan yg memiliki nutrisi sehat. Sebaiknya hindari sarapan dengan beberapa makanan yg mengandung pemanis tinggi.

Dilansir dari Healthline, tidak hanya macam makanan yang dikonsumsi dan kalori yang masuk dalam tubuh, memiliki jadwal makan yang baik juga mampu membantu kamu untuk menjaga berat badan tetap stabil dan menolong kamu menurunkan berat badan.

Tentukan waktu makan kamu dengan baik, sehingga kamu tidak perlu untuk makan di waktu-waktu yg bukan waktu makan kamu. Sebaiknya hindari mengonsumsi camilan ketika waktu senggang atau sedang menonton acara televisi.

Tidak hanya mengontrol berat badan, memiliki jadwal makan yang baik nyatanya dapat membantu metabolisme tubuh kamu, menghindari kamu dari gangguan tidur, dan juga dapat menghindari kamu dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh faktor obesitas.

  • Konsumsi Lebih poly Sayuran dan Buah

Mengonsumsi buah dan sayuran yang rendah kalori dapat membantu kamu untuk mengurangi konsumsi makanan lain yang memiliki lemak tinggi dan kalori. Selain itu, kamu bisa mengisi waktu camilan kamu dengan mengonsumsi buah. Selain baik untuk kesehatan pencernaan, rasa manis alami dari buah juga mampu menambah asupan tenaga untuk tubuh.

Dilansir dari Harvard School of Public Health, buah dan sayuran yang dikonsumsi dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena kandungan karbohidrat kompleks yg cukup lama dicerna dalam pencernaan. Kamu mulai menghindari mengonsumsi makanan di luar jadwal makan. Kandungan air dalam buah dan sayur membuat kamu merasa kenyang tanpa tambahan kalori dalam tubuh.

Baca juga:
10 Makanan Sehat Terbaik buat Menurunkan Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan sehat dan meminum air putih sebanyak 8 gelas per harinya, mengonsumsi teh ternyata juga dapat membuat berat badan kamu turun secara alami. Sebaiknya konsumsi teh hijau, karena teh hijau mengandung banyak antioksidan. Selain itu, teh hijau juga dapat menghindarkan kamu dari penyakit kanker.

Tidak hanya teh hijau, masih ada beberapa jenis teh lainnya bagi membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Prevention, nyatanya teh oolong juga dapat menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan teh oolong dapat menciptakan energi panas dalam tubuh dan menolong pembakaran kalori lebih banyak.

Jika rasa laparmu telah tidak tertahankan, sebaiknya pilihlah makanan sehat sebagai camilan kamu. Misalnya kacang-kacangan, oatmeal, atau granola. Buah atau sayur kukus juga mampu menjadi pilihan camilan sehat kamu.

Sebaiknya kamu menikmati camilan kamu dalam interval waktu 3-4 jam sekali dalam porsi yg kecil. cara ini berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari makan dalam porsi yg besar.

  • Konsumsi Lebih Banyak Protein

Mengonsumsi makanan yg mengandung banyak protein dan rendah lemak ketika jam makan sepertinya akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yg cukup lama.

Cara ini ampuh mengontrol porsi makan kamu agar tidak berlebih ketika makan. Ada banyak makanan yang mengandung protein cukup tinggi, misalnya ikan salmon atau kacang kedelai.

Baca juga:

8 kebiasaan untuk Tetap Sehat Tanpa Olahraga

Masih ada beberapa cara bagi mendapatkan tubuh dan berat badan yang ideal tanpa harus diet atau berolahraga. Hal yang penting adalah menjaga pola makan dan gaya hayati yang selalu sehat.

Kamu bisa bertanya pada dokter untuk mendapatkan saran tentang menjaga berat badan agar tetap stabil melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!


Referensi:


Prevention. Diakses pada 2020. 8 Best Teas for Losing Weight and Boosting Your Metabolism



Harvard School of Public Health. Diakses pada 2020. Food and Diet



Healthline. Diakses pada 2020. How to Time Your Meals for Weight Loss



Very Well Fit. Diakses pada 2020. How to Make a Healthy Breakfast for Weight Loss

Artikel ini telah ditulis oleh www.halodoc.com dengan judul .
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *