15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Salah Satunya dengan Menyikat Gigi | merdeka.com

15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Salah Satunya dengan Menyikat Gigi | merdeka.com

Custom Text

15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Salah Satunya dengan Menyikat Gigi

Merdeka.com – Ada banyak artikel-artikel mengenai tips atau cara menurunkan berat badan yg beredar di internet. Berbagai makanan, minuman, ataupun macam olahraga juga banyak yang menawarkan manfaat ini.

Memang bagi sebagian besar orang, cara-cara tersebut berhasil. Tapi, ada juga orang-orang yg masih kesulitan untuk mendapatkan berat badan yg ideal.

Berat badan yang berlebih memang menjadi persoalan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, orang yg memiliki berat badan berlebih, berisiko terserang penyakit. Padahal untuk menurunkan berat badan, Anda hanya perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan memperhatikan perilaku konsumsi dan juga kebiasaan.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, berikut merdeka.com rangkum cara menurunkan berat badan secara alami dan aman yg bisa Anda coba, Selasa (24/03/2020).

1 dari 15 halaman

Menyimpan Makanan Sehat di Rumah dan di Kantor

Cara menurunkan berat badan yang pertama dengan menyimpan makanan-makanan yang sehat di rumah atau di loka kerja. Orang-orang biasanya hanya akan membeli dan mengonsumsi makanan yang menurut mereka enak buat dimakan, dengan mengabaikan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Cara terbaik adalah dengan menghindari makanan seperti permen dan makanan ringan bagi disimpan. Salah satu studi yang dilakukan menemukan bahwa orang yg menyimpan makanan-makanan tidak sehat, akan lebih sulit bagi menurunkan berat badan.

Menyimpan makanan-makanan sehat di rumah atau di tempat kerja mampu membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain itu, menolong Anda menghindari kelebihan gula dan garam. Makanan ringan sehat yg disarankan bisa seperti kacang-kacangan, buah, sayur, atau yoghurt.

2 dari 15 halaman

Hindari Makanan Olahan

Cara menurunkan berat badan yg kedua dengan menghindari konsumsi makanan olahan. Hal ini dikarenakan makanan olahan memiliki kandungan tinggi sodium, lemak, kalori, dan gula. Ditambah, makanan-makanan tersebut hanya memiliki sedikit nutrisi. Dalam sebuah studi penelitian ditemukan bahwa makanan olahan bisa menyebabkan ketagihan bagi seseorang, yang akhirnya menyebabkan orang makan secara berlebihan.

3 dari 15 halaman

Perbanyak Protein

Cara menurunkan berat badan ketiga dengan konsumsi makanan yg banyak mengandung protein. Program diet tinggi protein bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian menyimpulkan bahwa diet tinggi protein merupakan taktik yang berhasil untuk mencegah atau mengobati obesitas. Beberapa makanan tinggi protein dan relatif rendah lemak seperti telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

4 dari 15 halaman

Hindari Gula

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan menghindari gula atau makanan yg mengandung banyak gula. Mungkin untuk sebagian orang menghindari gula adalah hal yg tidak mudah. Tapi, harus diingat bahwa gula adalah salah sesuatu penyebab kenaikan berat badan.

5 dari 15 halaman

Minum Kopi Hitam

Cara menurunkan berat badan yg berikutnya dengan meminum kopi tanpa gula. Kopi mulai memiliki efek positif terhadap kesehatan Anda bila tidak mencampurkannya dengan gula.

Banyak ulasan yg menulis bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.
Selain itu, terdapat penjelasan yang lain dalam ulasan yang sama yang menyoroti adanya hubungan antara konsumsi kopi dengan risiko diabetes dan penyakit hati yg lebih rendah.

6 dari 15 halaman

Tetap Terhidrasi

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan membuat tubuh tetap terhidrasi. Air adalah cairan terbaik yang bisa Anda minum sepanjang hari. Air memiliki banyak manfaat kesehatan dan tak mengandung kalori.

Ketika Anda minum air dengan jumlah yang cukup, hal itu akan membantu Anda dalam meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Minum air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi jumlah makanan yang dimakan. Hal ini juga akan mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

7 dari 15 halaman

Hindari Minuman Berkalori

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan menghindari minuman berkalori. Soda, jus buah, dan minuman berenergi adalah dua contoh minuman tersebut.

Minuman-minuman tersebut memiliki kandungan gula yang berlebih sehingga dapat meningkatkan berat badan dan menyulitkan orang buat menurunkan berat badan. Anda bisa mengganti minuman-minuman tersebut dengan air atau the herbal.

8 dari 15 halaman

Berpuasa

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan berpuasa. Dalam sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa, puasa dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun, jika kondisi badan sedang tidak sehat, jangan dipaksakan untuk berpuasa.

9 dari 15 halaman

Menghitung Kalori Makanan

Menghitung jumlah kalori makanan bisa menjadi cara yang efektif untuk menghindari konduite makan yang berlebih. Dengan menghitung jumlah kalori, Anda akan mengetahui seberapa banyak jumlah kalori pada makanan, dan akhirnya akan membantu Anda untuk mengurangi kalori yang akan dikonsumsi serta dapat membuat pilihan makanan dengan bijak.

10 dari 15 halaman

Menyikat Gigi

Bagaimana dapat menyikat gigi dapat mengurangi berat badan seseorang? Selain meningkatkan kebersihan gigi, menyikat gigi dapat mengurangi godaan bagi seseorang untuk makan.
Jika seseorang menyikat gigi lebih awal di malam hari, keinginan untuk makan makanan ringan yang tak perlu mungkin akan berkurang.

11 dari 15 halaman

Makan Sayur dan Buah

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah. Pola makan yang kaya akan sayur dan buah bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan.

12 dari 15 halaman

Mengurangi Asupan Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat adalah cara berikutnya buat menurunkan berat badan. Dengan mengurangi asupan karbohidrat berarti Anda mengurangi jumlah gula yg mereka konsumsi.

Salah satu caranya dengan program diet rendah karbohidrat. Diet rendah karbohidrat yang sehat berfokus pada konsumsi karbohidrat utuh, lemak baik, serat, dan protein tanpa lemak.

13 dari 15 halaman

Banyak Makan Serat

Serat menawarkan dua manfaat kesehatan bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian yang dilakukan di Nutrition Reviews mengemukakan bahwa peningkatan serat bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih cepat. Selain buat menurunkan berat badan, serat juga bermanfaat buat mengatasi masalah pencernaan dan menyeimbangkan bakteri dalam usus.

14 dari 15 halaman

Latihan Kardio

Banyak orang yang tak bisa berolahraga teratur karena beberapa alasan. Padahal, jika ingin menurunkan berat badan, latihan kardio penting buat dilakukan. Latihan kardio, seperti berjalan atau berlari, dapat membantu tubuh membakar kalori dengan cepat.

15 dari 15 halaman

Makan Perlahan

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan makan perlahan. Makan secara perlahan dapat membantu seseorang dalam mengurangi jumlah kalori yg mereka konsumsi. Alasannya, karena otak memerlukan waktu bagi menyadari bahwa perut sudah kenyang. Studi yang lain juga menunjukkan bahwa adanya korelasi antara makan cepat dengan obesitas.

[ank]

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.merdeka.com dengan judul 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Salah Satunya dengan Menyikat Gigi | merdeka.com.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *