17 Cara Makan untuk Menurunkan Berat Badan Halaman all – Kompas.com

17 Cara Makan untuk Menurunkan Berat Badan Halaman all – Kompas.com

Custom Text

17 Cara Makan bagi Menurunkan Berat Badan Halaman all

KOMPAS.com – Cara paling tepat bagi mendapatkan berat badan ideal adalah dengan mengatur pola makan sehat dan berolahraga.

Memang, hasilnya tidak akan terlihat secepat jika kamu mengonsumsi obat diet, menjalani operasi sedot lemak, atau melakukan diet ekstrem.

Namun, mengatur pola makan alami jauh lebih aman untuk tubuh dan berat badan pun mampu tetap ideal dalam jangka waktu yang lama.

Menjalani diet secara alami perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat. Sehingga, tak hanya sekadar menurunkan berat badan, risiko terkena berbagai penyakit berbahaya pun juga akan ikut berkurang.

Tips dan cara diet alami bagi turunkan berat badan

Dengan cara diet alami di bawah ini, istilah “diet mulai besok” mampu dihindari. Sebab cara-cara di bawah ini tidak mengharuskan kami melakukan perubahan pola hidup secara drastis, melainkan perlahan-lahan mengubahnya menjadi lebih sehat. Jadi, langkah ini akan terasa lebih ringan.

1. Menambah asupan protein

Untuk urusan menurunkan berat badan, protein adalah nutrisi yang bisa dibilang paling berpengaruh.

Sebab ketika tubuh mengolah protein, di waktu yang bersamaan juga mulai terjadi pembakaran kalori. Semakin banyak protein yang dikonsumsi, maka pembakaran kalori yg terjadi juga akan semakin tinggi.

Ditambah, protein juga mampu membuat kita kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan sumber protein seperti telur dan dada ayam, dalam menu harian.

Baca juga: 7 Bahan Makanan dengan Protein Terbaik untuk pangkas Berat Badan

2. Menghindari makanan dalam kemasan dan olahan

Makanan dalam kaleng atau kemasan yang poly dijual di supermarket umumnya tinggi kandungan gula, lemak, dan kalori. Tentu, jika ingin menurunkan berat badan, hal-hal tersebut sebaiknya dihindari.

3. Memenuhi stok makanan dan camilan sehat di rumah

Menjalani diet bukan berarti tak boleh makan sama sekali. Hanya saja, jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya diganti dengan yang lebih sehat.

Mengganti cemilan dan stok makanan di rumah menjadi makanan yang lebih sehat dapat menjadi awal untuk mengubah kebiasaan makan.

Mulai sekarang, cobalah untuk akan menyimpan yogurt, buah, kacang-kacangan, dan telur rebus di rumah sebagai alternatif camilan yang lebih sehat.

4. Membatasi konsumsi gula

Banyak orang tidak menyadari gula yang mereka konsumsi sudah jauh melebihi kadar yang direkomendasikan. Padahal, kelebihan gula di dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak dan membuat berat badan selalu naik.

Untuk membatasi konsumsi gula, kita bisa mulai dari cara yang sederhana seperti mengurangi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan.

Kita juga bisa mencari alternatif pengganti gula yang tetap dapat memberikan rasa manis, tapi lebih sehat.

Baca juga: Memilih Makanan dengan Sadar, Kunci Mengurangi Konsumsi Gula

5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Cara diet alami yang satu ini tentu sudah akrab di telinga. Tidak heran, sebab sayur dan buah memang sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin, mineral, dan serat pada sayur serta buah sangatlah tinggi. Sementara itu, kandungan kalorinya cukup rendah.

Kedua hal inilah yang membuatnya sangat cocok sebagai asupan orang yang sedang diet. Buah yang sebaiknya dikonsumsi saat diet seperti apel, jeruk, kiwi, alpukat, pisang, dan melon.

6. Banyak minum air putih

Minum air putih dapat meningkatkan metabolisme di tubuh dan jika dilakukan sebelum makan, akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang.

Selain itu, karena air putih tidak mengandung kalori, maka mengganti minuman kemasan dengan air putih akan menolong memangkas asupan kalori harian.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Rutin Minum Air Hangat

7. Sarapan setiap hari

Sarapan setiap hari adalah salah sesuatu rutinitas sehat orang-orang yang berhasil menurunkan berat badannya. Dengan sarapan, kita akan makan lebih sedikit saat siang hari dan di jam-jam makan selanjutnya.

Selain itu, seandainya tidak sarapan, kebanyakan orang akan merasa kelaparan dan justru makan lebih banyak kalori di jam-jam makan selanjutnya.

Untuk bisa menurunkan berat badan, biasakan sarapan dengan menu yang sehat, seperti roti gandum dengan buah-buahan dan susu rendah lemak.

8. Mengganti produk makanan dengan versi yang rendah lemak

Salah satu cara diet alami yang gampang dilakukan adalah dengan mengganti susu, yogurt, mayones, atau bahan makanan lain yang tidak jarang dikonsumsi dengan versi rendah lemak. Saat ini, sudah poly makanan maupun minuman rendah lemak, yang bisa jadi plihan.

Baca juga: Susu Rendah Lemak bisa Memperlambat Penuaan

9. Rutin minum kopi tanpa gula

Tahukah kamu jika kopi adalah minuman yang cocok buat menurunkan berat badan? Namun, kopi yang dimaksud bukanlah es kopi kekinian yang poly mengandung gula dan susu. Kopi yang bisa menurunkan berat badan adalah kopi hitam tanpa gula.

Sebab, kopi hitam bisa menambah energi dan di saat yg bersamaan meningkatkan pembakaran kalori di tubuh. Kafein yang ada di dalam kopi juga mulai membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko diabetes.

Baca juga: Benarkah Kopi Hijau mampu Turunkan Berat Badan dan Cegah Penyakit?

10. Minum teh hijau tanpa gula

Teh hijau mampu memicu pembakaran lemak di tubuh yang berujung pada menurunnya berat badan. Teh hijau juga akan membantu meningkatkan energi di tubuh.

11. Membatasi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat seperti nasi putih, roti tawar atau pasta kurang baik bagi mereka yang sedang diet. Sebab, karbohidrat tersebut akan meningkatkan kandungan gula di tubuh.

Kandungan gula berlebih mulai disimpan dalam bentuk lemak dan saat penumpukan sudah terjadi, sebagian lemak tersebut akan dikeluarkan ke pembuluh darah.

Meski begitu bukan berarti kami tidak boleh makan karbohidrat sama sekali. Kita hanya perlu menggantinya dengan karbohidrat kompleks lebih sehat yang terkandung pada roti gandum atau nasi merah.

Baca juga: Tips Menjalani Diet Rendah Karbohidrat untuk Pemula

12. Makan dengan ukuran piring yang lebih kecil

Makan dengan ukuran piring yang lebih kecil yaitu suatu trik untuk membuat kita merasa kenyang dengan porsi makan yang lebih sedikit dari biasanya.

Secara psikologis, jika terbiasa makan satu piring penuh dan baru merasa kenyang, maka kita juga akan merasakan hal yang sama meski ukuran piring diganti jadi lebih kecil.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Makan Berlebihan

13. Makanlah secara perlahan

Makan secara perlahan bisa membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh dalam sekali makan. Sebab, saat makan secara perlahan, otak jadi punya lebih poly waktu untuk memberitahu bahwa perut sudah kenyang. Jadi, kita tak akan makan sebanyak biasanya, saat makan dengan cepat.

14. Tidur yang cukup

Jika ingin jalani diet sehat, tidur yang cukup tidak bisa terpisahkan dari itu. Sebab apabila kurang tidur, produksi hormon terutama yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan akan terganggu dan membuat kita jadi lebih sering ingin makan.

15. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk dalam hal menurunkan berat badan.

Bakteri ini antara lain terdapat pada makanan dan minuman yang difermentasi seperti yogurt, tempe, atau kimchi.

Sebagai salah satu cara diet alami yang sehat, konsumsi probiotik akan membantu mencegah penumpukan lemak di tubuh, mengurangi nafsu makan, dan meredakan inflamasi atau peradangan di tubuh.

Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Mengandung Probiotik Tinggi

16. Langsung menyikat gigi setelah makan

Menyikat gigi langsung setelah makan bisa menurunkan keinginan untuk ngemil dan makan lebih poly lagi. Sebab setelah menyikat gigi, akan muncul rasa tak enak di mulut apabila langsung digunakan untuk makan.

17. Mulai berolahraga

Cara diet alami di atas akan membuahkan hasi yang lebih efektif apabila kita menyertainya dengan olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk membakar lemak adalah olahraga kardio seperti jogging, berenang, atau aerobik.

Ada banyak cara diet alami yang dapat dicoba dan langkahnya pun sederhana. Tentu, kamu tidak perlu harus langsung menjalani 17 tips di atas secara bersamaan.

Pilihlah salah satu atau beberapa tips yg kamu rasa paling mungkin dan mudah dilakukan dalam waktu dekat.

Jika telah konsisten menjalani langkah yang dianggap mudah, kamu bisa coba tips yang lainnya sehingga gaya hidup pun perlahan-lahan mulai berubah jadi lebih sehat.

Artikel ini telah ditulis oleh lifestyle.kompas.com dengan judul 17 Cara Makan untuk Menurunkan Berat Badan Halaman all – Kompas.com.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *