5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Berani Coba? | merdeka.com

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Berani Coba? | merdeka.com

Custom Text

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Berani Coba?

Merdeka.com – Berat badan menjadi perhatian spesifik bagi setiap orang. Seberapa ideal dan proporsional tubuh biasanya berpatokan pada angka di timbangan.

Banyak yang beranggapan bahwa berat badan yaitu hal khusus yang perlu dijaga agar penampilan selalu terjaga. Tentu hal tersebut juga untuk terhindar dari masalah obesitas.

Pada saat ini, poly orang-orang banyak dihantui oleh masalah berat badan. Obesitas yang mereka alami kebanyakan kerana kurangnya aktivitas fisik. Banyak dari mereka yang malas melakukan olahraga secara rutin. Tidak tersedianya waktu menjadi salah satu alasannya.

Walaupun olahraga merupakan salah sesuatu cara efektif dalam menjaga berat badan, ternyata ada banyak cara agar terhindar dari persoalan berat badan atau obesitas. Berikut 5 cara menurunkan berat badan yg efektif dilakukan walau tanpa olahraga.

1 dari 5 halaman

1. Hindari makanan cepat saji atau junkfood

menurunkan berat badan

2020 Liputan6.com

Cara menurunkan berat badan yang efektif dilakukan walau tanpa olahraga yang pertama adalah dengan cara menghindari makanan cepat saji atau junkfood. Meskipun menjadi tren pada saat ini, pada kenyataannya makanan cepat saji menimbulkan bahaya serius buat berat badan Anda. Apalagi jika dikonsumsi secara selalu menerus.

Makanan cepat saji apabila dikonsumsi secara hiperbola akan menimbun lemak pada tubuh. Apabila Anda adalah seorang pribadi yang tak memiliki waktu luang untuk berolahraga, sebaiknya cara yang paling efektif buat menurunkan berat badan anda adalah hindari makanan cepat saji.

Junkfood yaitu makanan yang mengandung MSG atau Monosodium Glumatat yang tinggi, kandungan tersebut yang menyebabkan berat badan Anda akan naik secara drastis.

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan yang memiliki kandungan protein seperti telur, ayam, atau ikan. Atau junkfoodbisa diganti dengan buah-buahan segar yg bisa lebih menyehatkan tubuh.

2 dari 5 halaman

2. Perbanyak konsumsi air putih

menurunkan berat badan

2020 Liputan6.com

Cara menurunkan berat badan yg efektif dilakukan walau tanpa olahraga selanjutnya adalah dengan cara memperbanyak konsumsi air putih. Dibandingkan dengan minuman bersoda ataupun minuman beralkohol, air putih merupakan pilihan tepat bagi Anda yg berencana menurunkan berat badan. Khususnya bagi Anda yg tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga.

Dilansir dari liputan6.com, selain bagus untuk kesehatan tubuh, air putih juga yaitu minuman yang telah terkenal dan terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Sesuai dengan anjuran, minum air putih sekitar 1,8 liter atau 8-10 gelas air putih setiap hari.

Air putih yaitu minuman yang kaya akan manfaat. Segelas air putih dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, membuat kulit tampak cerah dan poly fungsi lainnya.

3 dari 5 halaman

3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

menurunkan berat badan

2020 Liputan6.com

Mengonsumsi sayur dan buah secara rutin yaitu salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif dilakukan walau tanpa olahraga. Sayur dan buah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga kedua jenis makanan ini dipercaya efektif dalam mengatasi permasalahan berat badan.

Dilansir dari liputan6.com, sayur dan buah bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga dapat memperlambat penyerapan gula, membantu detoksifikasi dalam tubuh dan membersihkan saluran pencernaan. Contoh manfaat lain apabila rutin mengonsumsi sayur adalah

  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
  • Mengendalikan gula darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa
  • Membantu menurunkan berat badan

4 dari 5 halaman

4. Hindari pola makan dan mengemil di malam hari

menurunkan berat badan

2020 Liputan6.com

Cara menurunkan berat badan yang efektif dilakukan walau tanpa olahraga yang berikutnya adalah dengan menghindari makan dan mengemil pada malam hari. Kebanyakan orang mengabaikan arti penting dari sarapan.

Pada kenyataannya, sarapan merupakan jam makan yang paling penting yang menjadi kunci untuk menjaga berat badan. Dilansir dari liputan6.com, pada saat sarapan, seseorang harus memperbanyak porsi pada saat sarapannya.

Hal tersebut karena sarapan yaitu bekal untuk asupan energi selama sehari penuh, begitu juga dengan makan siang. Pada siang hari, porsi makan seharusnya lebih sedikit daripada porsi pada saat sarapan.

Lebih baik lagi seandainya pada malam hari sudah berhenti untuk mengonsumsi makanan berat. Hal tersebut dikarenakan pada malam hari aktivitas telah selesai dan tubuh tidak memerlukan energi banyak buat proses metabolismenya.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengganti makanan berat dengan buah-buahan seperti apel. Apabila tetap ingin makan malam sebaiknya hindari apabila segera tidur, tunggu hingga 2-3 jam selepas makan.

5 dari 5 halaman

5. Minum air jeruk nipis

menurunkan berat badan

2020 Liputan6.com

Cara menurunkan berat badan yg efektif dilakukan walau tanpa olahraga yang berikutnya adalah dengan rutin meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat. Perpaduan antara jeruk nipis dengan air hangat dipercaya ampuh bagi menurunkan berat badan secara praktis.

Alasannya adalah jeruk nipis mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, hingga zat besi. Lakukan secara rutin untuk meminum air jeruk nipis dengan pembagian 3 gelas setiap harinya yakni pagi, siang dan menjelang tidur. Sebelum menerapkan cara ini, pastikan Anda tidak memiliki persoalan lambung, seperti asam lambung atau sakit maag.

[raf]

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.merdeka.com dengan judul 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Berani Coba? | merdeka.com.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *