7 Cara Diet yang Baik untuk Turunkan Berat Badan Secara Aman dan Sehat | merdeka.com

7 Cara Diet yang Baik untuk Turunkan Berat Badan Secara Aman dan Sehat | merdeka.com

Custom Text

7 Cara Diet yg Baik untuk Turunkan Berat Badan Secara aman dan Sehat

Merdeka.com – Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap orang. Begitu pun juga dengan seorang wanita.

Demi memiliki tubuh yg langsing tak jarang orang menggunakan cara yg terkadang malah berdampak buruk bagi dirinya sendiri karena memilih cara diet yang sembarangan.

Maka dari itu memilih cara diet yaitu sesuatu yang penting demi tetap menjaga kesehatan tubuh. Jangan sampai niat ingin menurunkan berat badan justru membuat kamu sakit.

Jangan sekali-kali mengonsumsi obat diet yang kamu sendiri tak mengerti kandungan dan efek sampingnya. Ada baiknya sebelum sedang program diet terlebih dahulu kamu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter agar usaha diet lebih aman.

Sebenarnya ada banyak cara alami yg bisa membuat tubuh kamu jadi ideal, hanya saja memang cara alami tersebut memerlukan proses yg lama dan sangat butuh kesabaran.

Cara diet alami mampu dibilang merupakan cara diet yang baik karena tidak menimbulkan efek samping seperti ketika diet dengan mengonsumsi obat-obatan.

Berikut ini ada 7 cara diet yg baik bantu turunkan berat badan secara aman dan sehat telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

1. Aktif Bergerak

Cara diet yang baik pertama adalah dengan terus aktif bergerak. Sebab saat kamu malas gerak, tentu saja tidak ada energi yang dikeluarkan dari tubuh. Justru yang ada hanya menimbun lemak dalam tubuh.

Aktif bergerak bisa kamu lakukan dengan rajin berjalan kaki, hindari terlalu lama duduk di depan komputer tanpa diimbangi dengan olahraga.

Jika kamu hendak bepergian yg sebaiknya pilih menggunakan transportasi umum selain bisa mengurangi polusi udara, menggunakan transportasi umum juga mulai membuat kamu lebih banyak bergerak.

2 dari 7 halaman

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat

salad sayur

pixabay.com

Cara diet yg baik selanjutnya adalah dengan rajin mengonsumsi makanan yg kaya akan serat. Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Mengonsumsi makanan berserat mampu bermanfaat untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol tinggi, membersihkan saluran pencernaan, melindungi tubuh dari penyakit usus besar, menghindari endapan lemak pada pembuluh darah, mengendalikan gula darah dan memperlambat penyerapan glukosa.

3 dari 7 halaman

3. Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi

Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yg tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yg akan kamu makan atau minum.

Mengonsumsi makanan yg mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya.

Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yg sangat tinggi.

4 dari 7 halaman

4. Perbanyak Minum Air Putih

minum air putih

©2020 Merdeka.com

Cara diet yg baik berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih sebab air putih utama untuk membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.

Selain manfaat-manfaat tersebut, air putih dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas air putih, sehingga porsi makan akan berkurang.

5 dari 7 halaman

5. Perbanyak Frekuensi Makan dan Kurangi Porsi Makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski cuma sekali malah menambah masalah baru.

Cukup dengan mengurangi porsi kamu, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih tidak jarang. Jadi tetap dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil.

6 dari 7 halaman

6. Rutin Lakukan Yoga Setiap Hari

ilustrasi yoga

pixabay.com

Yoga yaitu olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat sedang sistem metabolisme dengan jauh lebih maksimal.

7 dari 7 halaman

7. Rajin Minum Madu dan Jahe

dan jahe

©2017 negerimas.com

Selain rutin melakukan gerakan yoga, cara diet yang baik selanjutnya adalah dengan rajin minum madu dan jahe. Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit.

Madu pun juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menurunkan berat badan yg alami. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak segera yaitu fruktosa.

Sedangkan jahe, secara alami bisa menekan nafsu makan, sehingga kamu bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar.

Cara memperoleh manfaat alami dari madu dan jahe pun tergolong sangat mudah kamu anya perlu 3 sendok makan madu, 2 sendok makan perasan jahe, lalu campurkan keduanya dalam gelas dan seduh dengan air panas, aduk sampai tercampur rata dan minumlah 2 kali dalam sehari.

[nof]

Artikel ini telah ditulis oleh www.merdeka.com dengan judul 7 Cara Diet yang Baik untuk Turunkan Berat Badan Secara Aman dan Sehat | merdeka.com.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *