Brilio.net – Menjalani diet telah seperti bagian dari gaya hidup. Masyarakat memiliki tujuan yg berbeda dalam menjalani diet, ada yang bagi menurunkan berat badan, ada juga yang ingin menjalani pola hidup lebih sehat.

Saat menjalani diet, pasti ada saja masalah pada organ tubuh kami. Salah satunya adalah usus. Apalagi kalau kamu menjalani diet ketat, permasalahan sembelit dan perut kembung sering terjadi. Oleh sebab itu, perlu melakukan pola diet ke arah yg baik agar usus tetap sehat. Berikut 7 cara menjaga kesehatan usus ketika diet seperti dilansir brilio.net dari yourtango.com, Kamis (9/7).

1. Konsumsi sayur dan buah.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Mengonsumsi banyak sayur dan buah yg memiliki kandungan serat tinggi dapat membuat usus lebih sehat. Kamu bisa membuat menu pelangi dengan sayur dan buah yg lebih berwarna. Misalnya wortel oranye mengandung beta-karoten, alpukat hijau mengandung lemak sehat, dan blueberry mengandung antioksidan kuat. Semua sayuran tersebut bagus untuk kesehatan usus.

Loading.

2. Kurangi konsumsi kalori tinggi.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Terlalu banyak mengonsumsi kalori tak hanya membuat usus rusak, tapi juga berbahaya bagi tubuh kamu. Makan makanan yang mengandung kalori dianjurkan namun tetap dalam batas wajar.

3. Konsumsi makanan organik.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Pilih makanan organik untuk kesehatan usus. Karena ada begitu banyak penelitian yang menghubungkan pestisida dengan kanker dan IBD / IBS dan gangguan endokrin. Beberapa makanan menyerap lebih banyak pestisida daripada yang lain. Jadi harus diperhatikan saat membeli makanan.

4. Perhatikan jadwal buang air besar.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Masalah yang sering terjadi saat diet adalah sulit buang air besar. Kurangi konsumsi kafein yang berbahaya untuk usus. Tak hanya itu, masalah diare juga kerap terjadi karena makan makanan yang tak sehat.

5. Pelajari makanan apa yang bersifat inflamasi.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Jika mengalami iritasi usus, kemungkinan tubuh kamu bereaksi terhadap suatu makanan. Hindari makan makanan seperti susu, gula, kedelai, dan jagung.

6. Konsumsi makanan segar, beku dan kalengan.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Jika memungkinkan, makanlah produk segar. Kalau tidak, kamu bisa konsumsi makanan beku yang bisa dimasak dan disimpan dalam dua waktu. Namun jika kamu mau konsumsi makanan kalengan kamu bisa memilih kacang hijau kalengan.

7. Minum air putih.

Kesehatan usus © 2020 brilio.net

Minum air putih minimal 2 liter dalam satu hari yaitu cara terbaik menjaga kesehatan usus. Selain itu, manfaat lain juga dapat kamu dapatkan salah satunya kamu bisa kenyang lebih lama dan tubuh menjadi sehat.