7 Menu Diet untuk Ibu Menyusui yang Aman

7 Menu Diet untuk Ibu Menyusui yang Aman

Banyak perempuan yang tak sabar untuk menurunkan berat badan setelah proses persalinan. Padahal pada masa-masa itu, ibu menyusui membutuhkan poly energi untuk menyusui bayinya yang baru dilahirkan.

Pada masa menyusui, pola makan sehat dan seimbang menjadi sangat utama. Makanan yang Mama konsumsi haruslah terdiri atas makanan yg kaya karbohidrat seperti nasi, berbagai sayur dan buah, makanan yang mengandung protein, dan juga susu.

Hingga ketika ini, tidak ada jawaban yang pasti berapa banyak ibu menyusui membutuhkan kalori, akan tetapi secara umum, kebanyakan perempuan yg menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori lebih dari perempuan yg tidak menyusui, total 2.000 sampai 2.500 kalori per hari.

Nah, agar program diet untuk ibu menyusui lebih terarah, berikut Popmama.com telah merangkum 7 menu lengkapnya

1. Ikan panggang dan tumis kangkung

Menu diet pertama untuk ibu menyusui adalah ikan panggang dan tumis kangkung. Seperti yang kita ketahui, ikan mengandung poly nutrisi di dalamnya dan baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Beberapa manfaatnya yakni dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak anak, membantu menyehatkan jantung, mengurangi depresi, hingga memenuhi kebutuhan vitamin D untuk Mama dan si Kecil.

Sedangkan kangkung sendiri mengandung serat yg sangat baik untuk pencernaan, menambah energi, mengandung vitamin A, hingga penyumbang asam folat buat kualitas dan kuantitias ASI.

2. Ayam panggang dan sayur pakcoy

Menu ayam diketahui baik buat ibu menyusui yang sedang melakukan program diet. Ayam sendiri mengandung protein dan zat besi yg baik untuk kesehatan.

Protein akan membantu dan memelihara hampir segala bagian tubuh Mama dan juga di Kecil, mulai dari otot, otak, tulang, jantung, paru-paru, enzim, dan antibodi.

Untuk menemani ayam panggang, Mama dapat mengonsumsi sayur pakcoy. Karena termasuk sayuran hijau, pakcoy diyakini mengandung berbagai nutrisi penting yg baik untuk tubuh.

Bagi Mama yang melakukan diet, pakcoy bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, setiap satu cangkir atau setara dengan 70 gram pakcoy hanya mengandung 9 kalori.

Ini artinya, pakcoy mengandung rendah kalori sehingga dapat menolong menjaga berat badan Mama agar tetap stabil.

Editors’ Picks

3. Pepes tahu dan sayur asam

Tahu memang telah tak dapat dipungkiri lagi nutrisinya. Makanan sederhana ini merupakan makanan ibu menyusui yg kaya akan kalsium dan berguna untuk tulang.

Kalsium yg ada di dalam tahu sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang si Kecil.

Apabila Mama mengonsumsi makanan yg mengandung kalsium, ASI yang diberikan pada bayi pun mulai lebih banyak mengandung kalsium.

Sedangkan untuk sayur asam sendiri mengandung berbagai jenis sayuran yang baik untuk kualitas dan kuantitas ASI, akan dari labu, melinjo, hingga kacang-kacangan.

4. Telur dadar bayam dan sup ayam

Diketahui mengonsumsi 5 butir telur ayam setiap harinya dapat membuat ASI lancar. Hal tersebut dikarenakan telur merupakan sumber vitamin D yg baik untuk tulang dan gigi anak.

Sedangkan bayam, diketahui mengandung vitamin A yang sangat berguna baik buat Mama maupun si Kecil.

Vitamin A mulai membantu perkembangan dan pertumbuhan mata dan kulit bayi serta menolong pemeliharaan mata dan kulit Mama.

Vitamin C yg terkandung pada bayam pun berguna untuk penyerapan zat besi, mencegah infeksi, menyehatkan tulang, gigi, ligamen, dan pembuluh darah. 

5. Ayam bakar sambal hijau dan sayur bayam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ayam diketahui mengandung protein dan zat besi yang tinggi. Sedangkan sayur bayam, megandung vitamin A dan C yang baik bagi Mama dan si Kecil.

Agar tak bosan mengonsumsi ayam panggang, Mama bisa memanggangnya dengan olesan sambal hijau. Akan lebih lezat lagi jika ditemani sayur bayam yg hangat.

6. Pecal sayur dan tahu telur

Tauge, bayam, kacang panjang, dan kol merupakan beberapa jenis sayuran yang terdapat pada pecal. Akan lebih lezat lagi jika disantap dengan taburan bumbu kacang kental dan tahu telur.

Beberapa manfaat sayuran, tahu, dan telur juga telah dijelaskan di atas. Dijamin Mama dapat memberikan nutrisi yang baik bagi si Kecil sekaligus dapat mengurangi berat badan.

7. Mie shirataki dan telur mata sapi

Mie shirataki adalah salah satu jenis mie yang memiliki jumlah kalori yang rendah. Bahkan, penelitian menunjukan bahwa serat glucomannan yang ada di dalam mie shirataki dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin.

Tak cuma itu, serat glucomannan juga mengandung polisakarida yang bisa membantu usus bekerja lebih baik. Glucomanan bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Dengan begitu, ada lebih banyak aktivitas bakteri baik di usus. Pergerakan usus pun jadi semakin lancar sampai ke pembuangan feses.

Cocok sekali bagi Mama yang sedang diet, bukan?

Nah, itulah ketujuh menu diet bagi ibu menyusui yang aman dan sehat selama sesuatu minggu. 
Menu-menu diatas tersebut cocok untuk disantap ketika jam makan siang.

Meski sedang diet, jangan lupakan karbohidrat. Sebagai pengganti nasi putih, Mama bisa mengubahnya dengan nasi merah atau kentang rebus.

Dan sesuatu lagi, jangan lupa juga untuk rutin mengonsumsi buah-buahan ya, Ma.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga:

Artikel ini telah ditampilkan oleh www.popmama.com dengan judul 7 Menu Diet untuk Ibu Menyusui yang Aman.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *