8 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Aman | merdeka.com

8 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Aman | merdeka.com

Custom Text

8 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Aman

Merdeka.com –
Cara cepat menurunkan berat badan menjadi keinginan poly orang, terutama para wanita. Berbagai cara dilakukan buat bisa menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh ideal, dari yang biasa hingga ekstrem. Salah satu cara menurunkan berat badan dengan sedang diet.

Diet sendiri berarti menjaga asupan makanan dengan menu-menu eksklusif untuk kesehatan, bisa untuk menaikkan maupun menurunkan berat badan. Tergantung kebutuhan tubuh Anda dan sesuai petunjuk dokter.

Cara cepat menurunkan berat badan yang kondusif menjadi solusi yang tepat sebagai alternatif diet, demi menjaga penampilan menarik dan tetap bugar.

1 dari 6 halaman

1. Diet Ala Korea yang Aman

Salah satu cara ekstrem cepat menurunkan berat badan terkenal dari para artis Korea. Beberapa di antaranya seperti IU yang cuma makan ubi, apel, dan susu berprotein dilengkapi dengan olahraga. Cara ekstrem selanjutnya dari Park Shin Hye, T.O.P dan Bae Suzy.

Kali ini mencoba dengan cara aman, meskipun membutuhkan yang cukup lama. Menurut pakar gizi, memangkas kalori secara ekstrem bisa menyebabkan difisiensi gizi.

Sehingga lebih baik Anda coba seimbangkan asupan karbohidrat, lemak, dan protein, dengan tidak melebihi 1500 kalori. Menu makan ala artis Korea untuk cepat menurunkan berat badan aman, seperti:

Daging ayam bagian dada, tanpa kulit yaa
Buah apel, ubi, nasi merah
Kurangi konsumsi kue, roti, nasi putih
Perbanyak air putih, hindari minuman bersoda karena kalorinya yang tinggi

2 dari 6 halaman

2. Banyak Minum Air Putih Hangat

Ketika bangun tidur, pastikan Anda minum air putih hangat 1-2 gelas. Penelitian membuktikan minum air putih pada pagi ketika perut masih kosong, membantu proses pencernaan dan mengaktifkan sistem metabolisme.

Minum air putih 1 gelas sebelum makan, untuk membantu mengisi perut sebelum beban porsi makan besar Anda. Sebaiknya minum segelas air hangat seusai makan-makanan yg berminyak.

Jikalau Anda merasa bosan dengan rasanya yg tawar begitu-begitu terus, bisa diganti dengan infuse water. Juga air hangat dengan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis tanpa gula. Cara cepat menurunkan berat badan yang aman dan mudah kan.

3. Kurangi Jajan dan Makanlah di Rumah

Biasanya kalau Anda membeli makanan di luar, pasti berusaha menghabiskannya karena sayang bila dibuang. Apalagi menu-menu menggodanya pasti mengandung kalori dan lemak tinggi yg tidak terkontrol.

Makan di rumah bisa membuat Anda membatasi asupan sesuai kebutuhan tubuh, serta mengurangi beberapa bahan tidak penting.

3 dari 6 halaman

4. Kurangi Konsumsi Garam

Garam memiliki fungsi pengikat air dan pastinya itu penyebab tubuh nampak menggembung. Anda tetap boleh mengonsumsi garam, namun dalam porsi yang lebih sedikit. Kekurangan senyawa garam tidak baik pula untuk tubuh, karena berguna dalam sistem kerja otak dan otot.

Rasa asinnya lah yang membuat kecanduan dan memicu ingin makan selalu. Cara cepat menurunkan berat badan ini dapat dengan libur beli cemilan, dan mengganti bumbu masak dengan garam sehat.

5. Perbanyak Makan Serat

Serat memiliki peran unik sebagai komponen prebioticyang membantu proses pencernaan. Pastikan Anda mengonsumsi serat yang sehat dan tak melebihi kadar kebutuhan tubuh, supaya tidak terjadi diare.

Makanan serat yang dapat Anda makan sehari-hari seperti, yogurt, lidah buaya, pepaya, brokoli, edamame, roti gandum, ubi jalar, dan apel. Serat membantu Anda untuk cepat kenyang, sehingga tidak perlu banyak tergoda mengonsumsi nasi lagi.

4 dari 6 halaman

6. Bergerak Aktif

Bagi Anda yang belum menyukai aktivitas olahraga, dapat bergerak aktif setiap harinya dengan membersihkan rumah, jalan-jalan, pilih naik tangga daripada lift, dan memilih jalan kaki daripada berkendara.

Bagi pecinta olahraga air niscaya langsung semangat menjadikan renang sebagai rutinitas. Apabila Anda termasuk orang yang tak suka renang, cukup melakukan gerakan-gerakan ringan seperti berjalan di kolam dangkal.

Berenang membantu Anda membakar 500-700 kalori, serta pastinya seusai renang merasa sangat lapar bukan? imbas yang ditimbulkan dari air dingin dan gerakan tadi. Lebih baik Anda mengonsumsi serat atau susu protein saja.

Lari, bisa menjadi alternatif selanjutnya untuk membakar kalori lebih poly daripada renang. Namun apabila Anda memiliki riwayat jantung dan asma, jangan memaksakan diri dengan lari cepat dan lama.

Berikan tubuh Anda sesekali buat beristirahat, kemudian lari-lari kecil lagi, dan lakukan peningkatan gerakan di setiap harinya bagi menjadikan kebiasaan. Itulah 2 olahraga yang terkenal membakar kalori tertinggi.

5 dari 6 halaman

7. Hindari Stres dan Menjaga Pola Tidur

Siapa yg kalau lagi stres pengennya ngunyah terus? Inilah yg patut Anda kontrol, supaya tidak melebihi batas anjuran kebutuhan. Stres meningkatkan hormon kortisol, sehingga mengganggu hormon yg lain dan menimbulkan rasa ngidam.

Pola tidur yg baik memiliki kontribusi besar bagi kesehatan Anda. Ketika kurang tidur, bisa merangsang hormon leptin yg menyebabkan rasa lapar.

Tidur yang cukup sesuai usia dan kebutuhan tubuh Anda, terlalu lama jam tidurnya juga tidak baik. Karena membuat badan lebih malas dan mudah mengantuk.

6 dari 6 halaman

8. Bedakan Lapar dengan Haus

Pernah merasakan tiba-tiba belum makan, padahal baru beberapa menit yang lalu makan? Jangan buru-buru meraup makanan ronde kedua.

Cobalah Anda segera minum 1-2 gelas air putih, jika rasa itu hilang kemungkinan yg Anda butuhkan sebenarnya adalah air penghilang haus bukan perasaan lapar.

Itulah beberapa cara cepat menurunkan berat badan dengan aman dan sehat. Meskipun tidak dalam waktu yang sangat singkat dan ekstrem, namun cara ini efektif dalam membantu Anda mengontrol pola makan diet dan pola hidup sehat sehari-hari.

Lebih baik lagi bila Anda kolaborasikan dengan konsultasi pada dokter yg tepat, mengenai kadar kebutuhan dan cara yg sesuai tipe tubuh Anda.

[kur]

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.merdeka.com dengan judul 8 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Aman | merdeka.com.
Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *