Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Selama Pandemi Covid-19 Halaman all – Kompas.com

Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Selama Pandemi Covid-19 Halaman all – Kompas.com

Custom Text

Cara Menurunkan Berat Badan yg Naik Selama Pandemi Covid-19 Halaman all

KOMPAS.com – Salah sesuatu masalah yang berkembang di tengah pandemi corona adalah berat badan yang melonjak.

Keharusan tinggal di rumah dan penutupan tempat olahraga membuat banyak orang menjalani gaya hayati tidak sehat, termasuk pola makan yang buruk dan kurang berolahraga.

Kini dua Negara telah melonggarkan lockdown, termasuk Indonesia yang akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar transisi, sehingga orang-orang akan bisa kembali mengakses tempat umum, seperti restoran, taman, dan tempat wisata dengan menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: 5 Tips Menurunkan Berat Badan buat Pria di Atas 40 Tahun

Ini berarti kesempatan buat kembali bertemu dengan keluarga dan teman-teman dekat.

Masalahnya adalah kenaikan berat badan tak terduga selama masa karantina membuat kamu tak percaya diri, sehingga mulai mencari cara untuk menurunkan berat badan secara cepat.

Salah sesuatu metode penurunan berat badan yang mendapat perhatian di tengah pandemi adalah diet ketat. Ini memang dapat menyebabkan penurunan berat badan instan, tetapi para ahli kesehatan memperingatkan bahwa planning makan ini tidak sehat dan tidak berkelanjutan.

“Jadi, kamu menambah berat badan selama masa karantina dan kamu ingin kembali ke berat pra-kafantina sesegera mungkin,” kata Hannah Richards, ahli gizi dan penulis “The Best Possible You,” dilansir Daily Express.

“Biarkan aku memberitahumu sesuatu – diet ketat tidak mulai bekerja dan selalu ada titik balik ketika tidak makan intermiten menjadi bumerang.”

Untuk membantu menurunkan berat badan ekstra dengan aman ketika berada di rumah, Richards membagikan beberapa tips yg membutuhkan sedikit usaha, tetapi menawarkan manfaat besar.

Baca juga: cegah Berat Badan Naik, Ini Cara Hentikan kebiasaan Ngemil Saat Nonton

Cara aman dan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

1. Konsumsi Makanan Alami

Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran mulai memberi tubuh lebih banyak serat dan nutrisi utama lainnya, yang mendukung penurunan berat badan tetapi juga memberi lebih banyak energi.

Richards menyarankan bagi fokus pada sayuran hijau, mengandung zat tepung, dan berserat untuk membantu mengelola nafsu makan dan membuat kamu merasa lebih kenyang di siang hari.

“Jangan khawatir mengenai makan karbohidrat, seperti nasi atau biji-bijian,” katanya.

“Namun, berhati-hatilah dengan makanan olahan, alkohol, gula jagung, aditif, pengawet, lemak trans, susu tambahan hidro, daging yang dibudidayakan secara komersial, serta keju dengan tekstur elastis dan manis.”

2. Tetap terhidrasi

Air juga dapat memainkan peran penting dalam proses penurunan berat badan. Minum air sebelum makan dan sesudahnya dapat membantu membuatmu merasa lebih kenyang.

Itu dapat membantu mengurangi konsumsi makanan dan menyebabkan defisit kalori, yang selanjutnya akan ebrdampak pada menurunkan berat badan.

Baca juga: 3 Hal yang Menghentikan Penurunan Berat Badan

3. Berhenti Menghitung Kalori

Richards mengatakan, menghitung kalori secara teratur bisa membuat pola piker menjadi tidak sehat. Orang harus memerhatikan kualitas makanan yang mereka makan dan bukan pada jumlah.

Makan makanan sehat bisa membantu mengurangi konsumsi harian, tetapi memberi tubuh nutrisi yang cukup dan sumber energi lain buat mendukung fungsi sehari-hari.

4. Kelola Keinginan Ngemil

Ketika muncul keinginan ngemil, ingin sesuatu yang manis, kemudian ingin satu yang asin, cobalah dengarkan tubuh.

Sebelum kemu memutuskan untuk memilih camilan, biasakan selalu bertanya pada diri sendiri, apakah benar-benar lapar, haus atau hanya merasa bosan?

Richards menegaskan, diet harus fokus pada memberi makan tubuh, bukan emosi.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Artikel ini telah ditampilkan oleh lifestyle.kompas.com dengan judul Cara Menurunkan Berat Badan yang Naik Selama Pandemi Covid-19 Halaman all – Kompas.com.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *