Kolesterol Tinggi? Terapkan 6 Pola Makan yang Tepat Ini

Kolesterol Tinggi? Terapkan 6 Pola Makan yang Tepat Ini

Custom Text

Anda tak perlu bersusah payah untuk melakukan diet. Berikut terdapat 6 jenis diet yang bisa Anda pilih untuk menurunkan kolesterol.

  1. Diet Mediterania

Dengan sedang diet ini, Anda akan makan apa yang penduduk di negara-negara sekitar bahari Mediterania lakukan selama berabad-abad: buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, daging tanpa lemak, dan minyak zaitun.

Banyak dokter memakai diet ini bagi penderita kolesterol tinggi. Jadi diet ini bukanlah suatu tren, melainkan diet dengan pilihan menu yang rasanya enak serta dosis yang fleksibel.

  1. TLC (Therapeutic Lifestyle Changes)

Diet ini adalah salah satu dari tiga bagian terapi, yaitu diet, olahraga, dan kontrol berat badan. Kombinasi ini dapat menurunkan kolesterol LDL Anda sebanyak 20 persen sampai 30 persen.

Untuk menjalaninya, Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada makanan yg mengandung lemak trans serta menghindari makanan dengan lemak jenuh. Namun tenang, Anda tidak akan merasa kekurangan mengonsumsi makanan yg lezat.

Artikel lainnya: Benarkah Telur Puyuh bisa Tingkatkan Kolesterol dalam Tubuh?

Karena Anda mulai tetap makan makanan favorit Anda, hanya saja versi sehat tanpa tambahan lemak, mentega, margarin, serta tambahan lainnya yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Contohnya daging has dalam tanpa lemak, mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun, dan lainnya.

  1. DASH Diet

Diet ini telah memperoleh sertifikasi dari American Heart Association dan terbukti bisa menurunkan tekanan darah. Jenis diet ini bekerja cepat. Dalam sebuah penelitian, orang-orang dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi mendapatkan hasilnya dalam dua  minggu.

Anda mulai makan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, yang memberikan serat dan nutrisi lainnya. Dan Anda mulai mendapatkan protein tanpa lemak dari produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan ikan.

  1. Mayo Clinic Diet

Diet ini mengedepankan pilihan makanan tinggi serat bagi para penderita kolesterol tinggi, seperti oat. Tak lupa, kombinasikan dengan mengonsumsi makanan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti walnut atau almond, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Artikel lainnya: Kolesterol Tinggi, Kapan Harus Minum Obat?

  1. Vegetarian Diet

Diet ini banyak diikuti berbagai orang di segala dunia. Diet vegetarian dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol karena para penganut diet ini tidak mengonsumsi produk hewani, termasuk daging, susu dan olahannya, bahkan madu dan telur.

Studi memamerkan vegetarian cenderung tidak akan terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan penganutnya cenderung mengonsumsi makanan yg lebih rendah lemak total, lemak jenuh, dan kolesterolnya.

Sebelum menjalani diet ini, Anda harus berkonsultasi dengan pakar gizi agar Anda mendapatkan cukup protein dan nutrisi utama seperti zat besi, vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan seng.

  1. Flexitarian Diet

Bila Anda mulai menjalani diet flexitarian, Anda masih diperbolehkan mengonsumsi daging, tetapi sebagian besar makanan yang dikonsumsi harus terdiri atas botani. Anda disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan seperti lentil, buncis, dan edamame, yang merupakan protein botani yang sangat baik untuk tubuh.

§

7 Manfaat Madu untuk Wanita Hamil

Baca

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.klikdokter.com dengan judul Kolesterol Tinggi? Terapkan 6 Pola Makan yang Tepat Ini.
Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *