Mengenal Diet Korea, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya? | SehatQ

Mengenal Diet Korea, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya? | SehatQ

Custom Text

Mengenal Diet Korea, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Baru-baru ini, beredar menu diet dari member girl band AOA, Seolhyun, yang menyebutkan bahwa dirinya hanya mengonsumsi ubi jalar, telur rebus, dan dada ayam sebagai menu dietnya. Apakah ini yang dinamakan diet Korea?

Ternyata, penyanyi bernama lengkap Kim Seol-hyun tersebut membantahnya. Ia mengatakan, semua menu diet dirinya yang tersebar di Internet, adalah hoax belaka.

Pertanyaan besar pun muncul; lantas, seperti apa diet Korea sesungguhnya?

Kupas tuntas diet Korea

Diet Korea, atau yang lebih populer dengan sebutan diet K-Pop, seringkali dipromosikan sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, agar terlihat seperti artis K-Pop.

Tidak cuma itu, diet Korea juga disebut bisa membuat kulit lebih sehat dan meningkatkan kesehatan jangka panjang untuk yang menjalaninya.

Diet ini terinspirasi dari makanan tradisional di Korea. Makanan yang dikonsumsi dalam diet Korea pun dibatasi; seluruh asupan yang mengandung lemak dan gula tinggi, tidak diperbolehkan.

Tanpa menghilangkan menu favorit Anda, diet Korea menjanjikan penurunan berat badan, cuma dengan memodifikasi menu makan serta kebiasaan berolahraga.

Diet Korea tak hanya fokus pada makanan. Sebab, ada olahraga khusus yang dianjurkan untuk para pengikutnya, seperti “olahraga seleb K-Pop”.

Bagaimana cara menjalani diet Korea?

Perlu diingat, makanan yang biasanya masuk dalam menu diet Korea, sebagian besar terdiri dari makanan tradisional Korea.

Orang yg sedang menjalani diet Korea ini, masih boleh mengonsumsi makanan olahan, tapi dengan jumlah yang sedikit.

Beberapa makanan di bawah ini, masuk ke dalam kategori yg diperbolehkan, dalam diet Korea:

  • Sayuran
  • Nasi
  • Daging
  • Ikan dan makanan laut lainnya
  • Kimchi (sayuran sawi putih yg difermentasi)

Untuk bisa sukses dalam menjalani diet Korea, Anda diharuskan mengikuti beberapa peraturan di bawah ini:

Diet Korea tidak memberikan jumlah pasti dari kalori yg harus Anda kurangi. Justru, diet Korea mengharuskan Anda “menggantungkan diri” terhadap resep-resep tradisional Korea, seperti sayuran dan sup, untuk memotong kalori, tanpa harus merasakan rasa lapar berlebih.

Berolahraga secara rutin juga menjadi acuan yg harus dipatuhi dalam diet Korea. Tanpa olahraga yg baik, diet tidak akan berarti apa-apa.

Diet Korea merekomendasikan Anda untuk diet rendah lemak dengan mengurangi makanan berminyak, menghindari saus, dan makanan berbumbu.

Diet Korea melarang para pengikutnya untuk meminum soda. Anda disarankan mengganti soda dengan air putih, kue kering, es krim, dan campuran buah segar.

Makanan ringan dianggap tak penting dalam diet Korea. Menghindarinya adalah “nilai plus”, agar body goals bisa dicapai.

Diet Korea dianggap sangat fleksibel. Bahkan, Anda diperbolehkan untuk memilih makanan Korea apapun yang menjadi favorit. Akan tetapi, perlu diingat, pilihlah makanan yang tak menjadi pantangan dalam menjalani diet Korea.

Makanan Korea yang sehat

Jika Anda bingung dan belum mengetahui makanan yang cocok untuk dalam diet Korea, berikut ini adalah beberapa di antarnya:

  • Bulgogi (daging sapi panggang)
  • Mando guk (sup daging sapi)
  • Galbi tang (sup iga sapi)
  • Spring rolls (lumpia) berisi sayuran yang tak digoreng

Perlu diingat, walau keempat makanan Korea di atas dianggap sehat, Anda disarankan untuk tidak memakannya secara hiperbola. Sebab, hal itu bisa “merusak” rencana diet Korea Anda, sehingga berat badan ideal, tidak dapat dicapai.

Ada baiknya mengonsumsi makanan sehat Korea di rumah. Sebab, dengan begitu Anda bisa mengontrol minyak yang digunakan, membuang lemak yang ada di daging, serta memakai bahan-bahan yang sehat. Resepnya pun bisa ditemukan di berbagai jenis situs.

Apakah diet Korea efektif menurunkan berat badan?

Diet Korea dianggap efektif menurunkan berat badan. Banyak sekali keuntungan dari diet Korea, yang bisa membuat Anda konsisten dengan planning diet, hingga akhirnya menurunkan berat badan secara sehat.

Pertama, diet Korea merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan Korea, yang sebagian besar mengandung sayur-sayuran berserat. Sebab, serat bisa menekan rasa lapar Anda, sehingga keinginan makan jadi berkurang.

Kedua, diet Korea sangat meminimalisir pengonsumsian makanan ringan, makanan berlemak, susu, gula, hingga gandum. Ditambah lagi, diet Korea memaksa Anda untuk berolahraga. Hal ini semakin memperbanyak jumlah kalori yang dibakar.

Terakhir, dengan sendirinya Anda akan mengurangi porsi makan, karena sudah terbiasa dengan diet Korea yang kaya akan serat itu.

Ketiga faktor di atas membantu Anda untuk mengurangi pemasukan kalori ke dalam tubuh. Sehingga, berat badan ideal, tak lagi jadi wacana.

Kekurangan dari diet Korea

Perlu diakui, diet Korea sangatlah menjanjikan dan bikin poly orang terpacu untuk mengikutinya. Walau demikian, ada dua kekurangan, yang harus Anda pikirkan matang-matang, sebelum menjalani diet Korea ini. Apa saja kekurangan diet Korea itu?

  • Tidak ada pedoman yang jelas

Diet diperuntukkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, di dalam diet Korea, tidak ada acuan jelas tentang jumlah kalori yang harus dikurangi dalam waktu seminggu atau sebulan. Dengan begitu, para pengikutnya akan sulit untuk menentukan jumlah kalori yang harus “dipotong” dan dipertahankan.

Pada intinya, setiap melakukan diet, kalori yang Anda konsumsi, harus lebih sedikit, dibandingkan dengan kalori yg dibakar, dengan olahraga.

  • Pedoman yg tak berbasis sains

Dalam diet Korea, Anda dianjurkan untuk menghindari makanan ringan. mulai tetapi, penelitian lain mengatakan bahwa mengonsumsi makanan ringan, bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, dalam dietnya.

Catatan dari SehatQ

Walau banyak manfaatnya, masih banyak yang harus Anda teliti lagi, sebelum menjalani diet Korea. Sebab, belum ada panduan jelas, agar seseorang bisa menjalani diet Korea, buat bisa mencapai berat badan yang diinginkan.

[[artikel-terkait]]

Kemudian, pertimbangkan pula janji-janji diet Korea dalam hal penampilan fisik. Sebab, diet Korea seringkali dijalani oleh orang-orang, untuk terlihat seperti selebriti K-Pop. Hal ini bisa menyebabkan banyak orang, terutama anak muda, untuk mengidap perilaku makan yg tidak teratur.

Ada baiknya, sebelum menjalani diet Korea, konsultasikan dulu dengan dokter, mengenai menu yg sudah direkomendasikan. Sebab, tubuh dan aktivitas setiap orang berbeda-beda.

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.sehatq.com dengan judul Mengenal Diet Korea, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya? | SehatQ.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *