Mengenal Diet Ular, Apa Efeknya bagi Kesehatan?

Mengenal Diet Ular, Apa Efeknya bagi Kesehatan?

Custom Text

Secara garis besar, cara diet ular adalah dengan makan dalam porsi besar untuk nantinya diikuti dengan puasa dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Lantas, apakah diet ular cukup ampuh untuk menurunkan berat badan? Hal ini disebut relatif.

Salah seorang pelaku diet ular membeberkan bahwa ia kehilangan 10,5 pound alias kurang lebih 5 kilogram berat badan dalam empat hari. Penyakit gula yang dialaminya pun disebut hilang dalam waktu yang bersamaan.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya puasa dan pembatasan kalori dalam jangka waktu lama.

Ini karena pada kondisi yang tak kemasukan asupan apa pun, tubuh akan terpaksa memakai simpanan energi yang tadinya disimpan sebagai lemak dan massa otot agar organ vital tetap sehat.

Di sisi lain, kondisi tubuh yang ‘terpaksa’ membakar lemak dan massa otot juga dapat menyebabkan efek samping merugikan. Anda akan mengalami badan lemas, yang bahkan bisa membuat kesulitan beraktivitas.

Tak cuma itu, puasa jangka panjang juga dapat membahayakan kesehatan dan malah meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Ini dapat terjadi karena tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan, yang nantinya akan digunakan untuk menunjang fungsi organ-organ penting.

Menanggapi hal tersebut, ahli diet dan pendiri Alissa Rumsey Nutrition and Wellness, Alissa Rumsey menekankan bahwa metabolisme tubuh ular dan manusia benar-benar berbeda.

Oleh karena itu, ketika seseorang melakukan diet ular, ada kemungkinan insting manusianya kembali lagi dan ia bakal makan secara berlebihan.

Diet ekstrem seperti ini pun bisa mendatangkan efek samping merugikan buat siapa saja, terutama bila sebelumnya sudah mengalami keadaan medis tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, atau gangguan pencernaan.

Mengingat adanya kemungkinan bahaya, Anda yang hendak melakukan diet ular sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu pada dokter atau ahli gizi.

Anda tidak ingin diet yang seharusnya menurunkan berat badan malah menyebabkan terjadinya penyakit berbahaya, bukan?

Masih penasaran mengenai bahasan diet ular? Mungkin Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara diet ular dan metode menurunkan berat badan lainnya?

Tak perlu sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.klikdokter.com dengan judul Mengenal Diet Ular, Apa Efeknya bagi Kesehatan?.
Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *