Menu Diet Tanpa Nasi yang Cerdas dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Menu Diet Tanpa Nasi yang Cerdas dan Efektif Menurunkan Berat Badan

Bentuk tubuh yg ideal tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Berat badan yg as serta memiliki bentuk yang langsing adalah salah sesuatu hal yang paling berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang. Salah satu cara diet yang sangat dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi beberapa pilihan menu diet tanpa nasi berikut ini. 

Saat seseorang menetapkan untuk diet atau mengurangi berat badan, langkah pertama yg mereka ambil adalah berhenti makan karbohidrat. Terutama nasi putih. Karena nasi putih mengandung kadar gula yang  cukup tinggi. Berikut ini merupakan pilihan menu diet tanpa nasi yg cerdas agar tidak lemas.

1. Singkong

menu diet tanpa nasi

Menu Diet Sehat dengan Singkong

Singkong merupakan macam karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Cocok dikonsumsi untuk yg mencoba menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat yang ada dalam singkong, membuat perut kenyang lebih lama. Dan dalam waktu yg bersamaan juga membantu proses diet yang sedang dilakukan.

Untuk menjadikan singkong sebagai menu diet, kamu cukup merebus 150 gram singkong. Konsumsi selama sehari tiga kali agar tetap memberikan cukup tenaga bagi aktivitas harian. Kamu bisa mengkonsumsi singkong sebagai percobaan dietmu selama kurang lebih dua pekan atau lebih untuk hasil yang diinginkan.

2. Ubi

Selain singkong, kamu juga bisa mengkonsumsi ubi untuk menghindari makan nasi. Karena termasuk ke dalam umbi-umbian yang masih sejenis dengan singkong, ubi juga mengandung karbohidrat yang rendah gula.

Bahkan, ubi merupakan salah satu menu diet yang wajib dikonsumsi oleh artis-artis Korea Selatan. Sama seperti halnya singkong, untuk menjadikan ubi sebagai menu diet, cukup rebus ubi sebanyak 150 gram dalam satu kali makan. 

3. Kentang

menu diet tanpa nasi

Pilihan Diet Sehat dengan Kentang

Siapa sangka jika kentang juga dapat dijadikan menu andalan diet tanpa nasi yang cukup manjur. Akan tetapi, banyak orang yang tidak tahu dan malah menjadikan kentang sebagai

side dish

atau cuma menu tambahan saja. Padahal, kentang memiliki karbohidrat rendah gula juga, seperti singkong dan ubi.

Kamu bisa mengkreasikan menu olahan kentang. Mulai dari kentang goreng, yang pas dijadikan cemilan, kroket, hingga kentang rebus yang dicampur dengan sedikit saus. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kombinasi menu dalam pengolahan kentang, seperti sayuran, mayones, dan lain sebagainya.

4. Jagung

Makanan yang satu ini juga menjadi salah satu makanan yang generik dikonsumsi di Indonesia. Siapa sangka jika jagung juga bisa kamu jadikan sebagai menu andalan buat menurunkan berat badanmu. Bahkan, kandungan indeks glikemik jagung lebih rendah daripada kandungan yang terdapat pada 100 gram kentang.

Nilai indeks glikemik sendiri yaitu ukuran cepat atau lambatnya karbohidrat dapat dicerna oleh tubuh. Jika nilai indeks glikemik tersebut tinggi, semakin cepat pula tubuh bisa mencerna karbohidrat tersebut.

Sebaliknya, semakin rendah nilai indeks glikemik tersebut, semakin rendah pula tubuh mencerna karbohidrat tersebut. Hal ini berarti bahwa, semakin rendah nilai indeks glikemik tersebut dan dicerna oleh tubuh, maka risiko kenaikan kadar gula darah akan semakin rendah.

5. Salad

menu diet tanpa nasi

Sehat dan Langsing dengan Konsumsi Salad

Selain keempat menu di atas, menu diet lain yang wajib kamu coba adalah salad.  Kamu dapat mencoba salad buah atau salad sayur untuk menjadikan sebagai menu penting makan. Tetapi kamu juga harus memperhatikan jumlah salad yang dikonsumsi dengan kebutuhan harian kamu.

Meskipun pada dasarnya salad berasal dari buah dan sayur, kamu tidak boleh asal meracik salad. Buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai menu salad untuk diet yang paling pas adalah apel, melon, jeruk, anggur, beri, dan melon. Kamu bisa langsung memakan buah-buahan tersebut, atau dibuat jus terlebih dahulu.

Itulah dua menu diet tanpa nasi yang bisa kamu coba. meski menghindari nasi, kamu juga harus tetap memperhatikan asupan makanan agar menjadikan tubuh tetap fit dan bertenaga. 

Artikel ini telah ditulis oleh www.gwgrill.com dengan judul Menu Diet Tanpa Nasi yang Cerdas dan Efektif Menurunkan Berat Badan.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *