Menu Makan Siang Sehat Tanpa Nasi yang Bisa Kamu Coba!

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tapi, banyak orang yang memilih mengonsumsi makanan pengganti nasi ketika diet. Sebenarnya, nasi mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh merupakan karbohidrat. Namun sayangnya, nasi mengandung terlalu banyak karbohidrat dan gula yg kurang baik untuk tubuh.

Untuk kamu yg sedang diet dan bingung mencari pengganti nasi, terutama untuk menu makan siang. Berikut ini beberapa menu yg bisa kamu coba.

1. Kentang kukus

Credit: heygrillhey.com

Masih dalam kelompok umbi- umbian, kentang mengandung vitamin, serat, dan kalori yg cukup untuk mengganti nasi dalam menu makan siang sehatmu. Namun, kamu tetap harus memperhatikan cara mengelola kentang, ya.

Agar tetap sehat, kamu dapat mengkukus atau merebus kentang, dan hindari menggorengnya. Karena, ketika digoreng kentang mulai jadi tidak sehat, terutama karena kandungan minyaknya.

2. Singkong rebus

Creit: viva.co.id

Diet makanan rebus mampu menghindarimu dari kolesterol jahat yang terdapat dalam makanan yg diolah dengan cara digoreng. Kamu bisa mengonsumsi singkong rebus bagi menu makan siang sehatmu.

Kamu dapat memadukan singkong rebus dengan parutan keju. Manfaat keju ujntuk diet juga tidak kalah baik dengan makanan olahan susu lainnya, seperti yogurt. Keju dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Tapi, tetap harus dalam takaran yang pas ya!

3. Talas rebus

Credit: goodhousekeeping.com

Talas merupakan salah sesuatu jenis umbi- umbian yang banyak ditemukan di Bogor, Jawa Barat. Kamu bisa mengonsumsi talas rebus sebagai menu makan siang sehat pengganti nasi. Talas juga mengandung indeks glikemik yang rendah yaitu 54, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat diet. Selain itu, talas juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, tekanan darah tinggi, dan hipertensi.

4. Roti gandum

Credit: hfbreadco.com

Jika kamu tak memiliki banyak waktu untuk memasak untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi roti gandum sebagai menu makan siang sehatmu. Gandum sendiri bermanfaat untuk membantu memperlancar pencernaan, sebagai sumber karbohidrat yang sehat untuk tubuh, dan membantu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Salad buah

Credit: superhealthykids.com

Meskipun tak mengandung karbohidrat tinggi, kamu tetap dapat mengonsumsi salad buah untuk makan siang sehatmu. Cara membuatnya pun sederhana, kamu tinggal memotong dua jenis buah pilihamu, ditambahkan dengan plain yogurt, dan tanpa tambahan dressing.

6. Salad sayuran

Credit: pbs.org

Sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat tinggi sehingga dapat membuatmu tetap kenyang dalam waktu lama tanpa harus mengonsumsi makanan yg tinggi karbohidrat. Karena itu, sayuran juga cocok dijadikan sebagai menu makan siang sehat pengganti nasi saat kamu sedang diet.

Itulah dua menu makan siang sehat yang bisa menggantikan nasi sebagai sumber karbohidrat yang bisa kamu mencoba. Selain cocok untuk yang sedang diet, menu makan siang sehat ini juga memiliki banyak manfaat, seperti dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu, memperlancar pencernaan, dan bahkan bisa membuat sistem kekebalan tubuh bertambah, sehingga kamu tetap sehat.

Nah, selain mengonsumsi makanan- makanan di atas, selalu konsumsi vitamin C dari Enervon yg dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu.


Featured Image – rappler.com

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.enervon.co.id dengan judul Menu Makan Siang Sehat Tanpa Nasi yang Bisa Kamu Coba!.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *