Menu Makanan Diet Seminggu yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Menu Makanan Diet Seminggu yang Ampuh Turunkan Berat Badan


Diet

guna menurunkan berat badan tak boleh dilakukan sembarangan. Jika dilakukan tanpa perhitungan,

diet

malah akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.


Menurut kamus

Merriam-Webster,

diet umumnya diartikan sebagai makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi seseorang setiap hari. Sehingga, hal pertama yang harus diperhitungkan ketika menurunkan berat badan adalah memilih

menu diet

yang tepat dan menjaga pola makan.


Dikutip dari buku

Diet Clopedia,

berikut daftar

menu makanan

untuk diet selama satu minggu agar berat badan turun maksimal dan tubuh tetap sehat.



Roti gandum utuh

: Roti gandum adalah pilihan yang baik untuk sarapan atau makan siang. Roti gandum utuh kaya gizi dan tinggi serat, serta bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan selai kacang yg penuh gizi.



Tomat

: Konsumsi buah ini sebagai salad atau topping pada sarapan roti gandum Anda. Tomat adalah sumber vitamin A,C, zat besi, protein, fosfor, kalium, dan kalsium.



Oat

: Kemudian sebagai pengganti nasi Anda bisa mengonsumsi oat. Oat adalah menu makanan sehat tinggi serat, karbohidrat, dan mineral. Oat bisa menjadi pengganti nasi yang tak kalah mengenyangkan.



Nasi merah

: Nasi merah juga mampu dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih. Nasi merah mengandung tinggi serat, karbohidrat, dan protein yang baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan.



Jus jambu

: Mengonsumsi jambu mampu bantu penuhi kebutuhan serat dan vitamin. Selain itu jambu juga mampu memelihara fungsi peredaran darah.



Tumis sayur

: Gunakan minyak zaitun atau mentega rendah lemak untuk menumis aneka sayur agar tak menjadi sumber lemak berlebih. Sayur adalah makanan tinggi vitamin dan mineral yang dapat bantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.



Daging rendah lemak

: Olah dengan bahan-bahan rendah lemak bagi mendapatkan manfaat protein utuh tanpa menambah asupan lemak berlebih.



Pisang

: Sumber vitamin dan mineral yg mengenyangkan. Mengonsumsi 3 buah pisang sehari bisa membuat Anda tidak cepat kembali lapar.



Buncis dan wortel

: Tambahkan kedua sayur ini pada menu makan siang Anda. Buncis dan wortel bisa sebagai makanan penambah serat, vitamin, dan mineral.



Kentang

: dapat menjadi pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Anda bisa mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dikukus hingga lunak.



Jus alpukat

: Sumber vitamin dan mineral ini dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus tanpa tambahan gula. Selain kaya vitamin dan mineral, alpukat juga merupakan sumber lemak yg baik untuk tubuh. Mengonsumsi alpukat juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.



Salad

: Racik semangkuk salad dengan sayuran yg Anda inginkan kemudian bumbui dengan minyak zaitun.



Susu

: mampu menjadi menu sarapan. Anda bisa mengonsumsi segelas susu murni dengan roti atau biskuit.



Singkong

: Sumber karbohidrat yang lain pengganti nasi. Singkong memiliki kandungan tinggi karbohidrat yang mampu membuat kenyang hanya dengan memakannya dalam jumlah kecil.



Melon

: mampu disantap secara langsung atau diolah menjadi jus tanpa tambahan gula.



Yoghurt

: Sumber protein yg bisa dikonsumsi pagi atau malam hari. Pilihlah yoghurt murni tanpa tambahan gula agar tak menjadi sumber lemak berlebih.



Jagung

: dapat menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi dengan cara direbus atau dikukus. Anda juga bisa membuat kudapan manis untuk menu makan siang dengan menambahkan susu dan keju di atasnya.



Jeruk

: bagi memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin harian, jeruk bisa dikonsumsi di malam hari sebagai cemilan sehat.



Dadar gulung buah

: Hidangan lezat ini tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menjadi sumber vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa mengganti gula pada isian dadar gulung dengan buah seperti pisang, alpukat, atau stroberi, hingga buah naga.



Ubi jalar

: Sumber karbohidrat alternatif untuk makan siang atau malam. Ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat yang mengenyangkan.


Nah, itulah menu diet sehat seminggu yang bisa Anda coba. Menu diet di atas bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh. Anda bisa menggabungkan menu diet di atas dengan makanan sehat lainnya. Selamat mencoba.

Artikel ini telah ditulis oleh kumparan.com dengan judul Menu Makanan Diet Seminggu yang Ampuh Turunkan Berat Badan.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *