Panduan Menu Diet Sehat, Cocok Untuk Turunkan Berat Badan

Panduan Menu Diet Sehat, Cocok Untuk Turunkan Berat Badan

7+ Cepat


Kalteng Today
– Menu diet sehat adalah serangkaian menu makanan yg disusun sedemikian rupa sehingga apa yang kami makan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi esensial tubuh kami. Nutrisi esensial ini terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Walaupun namanya menu diet sehat, namun menu makanan ini tidak hanya berguna bagi mereka yg sedang program penurunan berat badan.

Orang yg ingin memulai hidup sehat serta orang yg sedang program menaikkan berat badan pun membutuhkan rangkaian menu diet yg sehat.

Dalam menyusun menu diet yang sehat, Anda harus memperhatikan nilai gizi dari apa yg dimakan.

Selain itu, menu diet pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda. Rata-rata, kebutuhan kalori orang dewasa adalah 2000 kalori/ hari.

Bahan Makanan Menu Diet Sehat

Mungkin seandainya dipikir-pikir, menyusun sendiri menu diet yang sehat terasa menyulitkan. Padahal kenyataannya, bahan-bahan penyusun menu diet sangat mudah ditemui.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah aneka bahan makanan yg bisa dimasukkan dalam menu diet sehat:

1. Sayuran

Brokoli Sayuran Menu Diet Sehat
Sumber: honestdocs.id

Sayuran menjadi salah sesuatu bahan makanan yang wajib dimasukkan dalam menu diet yg sehat.

Pasalnya, sayuran kaya akan nutrisi seperti serat, protein, vitamin dan mineral. Selain itu, sayuran pula rendah kalori dan karbohidrat sehingga sangat cocok bagi mereka yg ingin menurunkan berat badan.

Salah satu sayuran yg cocok untuk diet adalah brokoli. Selain kaya nutrisi, brokoli pula rendah kalori.

2. Oatmeal

Mengkonsumsi oatmealmenjadi pilihan banyak orang yg ingin memulai hidup sehat. Pasalnya, oatmeal adalah bahan makanan berserat tinggi dan rendah gula.

Oatmeal pun memiliki kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang menunjang energi bagi tubuh ketika beraktivitas.

3. Buah-buahan

Buah Pepaya dan Apel bagi Diet Sehat
Sumber: theindianclaypot.com

Asupan buah menjadi salah sesuatu komponen penting dalam menyusun menu diet sehat dengan gizi seimbang. Pasalnya, buah-buahan kaya vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan juga membantu melancarkan pencernaan.

Contoh buah-buahan yang baik untuk diet karena kandungan nutrisinya yang baik dan dapat menahan rasa lapar adalah pepaya dan apel.

§

4. Telur

Telur pun menjadi salah satu komponen diet sehat yang bermanfaat untuk tubuh. Telur sendiri memiliki protein yang tinggi serta lemak yang bermanfaat untuk tubuh.

Jumlah kalori dari telur pun tak tinggi sehingga cocok bagi Anda yang sedang program diet.

5. Ikan

Ikan Oily Fish Omega 3
Sumber: sfidn.com

Ikan memiliki kandungan Omega-3 dan protein yang baik buat tubuh. Salah satu ikan yang baik buat diet sehat adalah ikan salmon.

Agar kandungan di dalam ikan bermanfaat secara optimal di dalam tubuh, sebaiknya ikan jangan disajikan dengan cara di goreng.

6. Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan memiliki kandungan protein, vitamin, serat, serta lemak yang seimbang. model biji-bijian yang baik untuk program diet adalah jagung dan gandum utuh.

Sedangkan, contoh kacang-kacangan yang cocok bagi mereka yang diet adalah kacang kenari, kacang mete, dan kacang almond.

7. Dada Ayam

Dada ayam menjadi salah satu sumber daging-dagingan yang bermanfaat untuk mereka yang menjalankan hidup sehat.

Hal tersebut karena dada ayam cenderung rendah lemak serta tinggi protein. Walaupun rasanya tidak seenak bagian ayam yg lain, namun dada ayam menjadi primadona buat mereka yang sedang diet dan membentuk otot tubuh.

§

Panduan Menu Diet Sehat 2000 Kalori

Ketika Anda mulai memulai program diet sehat, asupan makanan yg Anda konsumsi sangatlah penting untuk diperhatikan.

Pasalnya, Anda harus memastikan betul bahwa apa yg dimakan selama seharian penuh bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Dikutip dari Hellosehat dan Healthline, berikut ini adalah contoh menu diet sehat dengan asupan 2000 kalori/ hari:

1. Sarapan

Anda bisa memulai diet sehat dengan menu sarapan berupa 2 lembar roti gandum dengan 1 sendok selai kacang, 4 putih telur rebus, 1 buah jeruk, dan 250 gram yoghurt rendah lemak.

Pilihan lain menu sarapan yang bisa Anda nikmati adalah 180 gram sereal gandum, ½ gelas susu rendah lemak, dan 1 buah pisang.

2. Snack Pagi

Strawberry Greek Yoghurt
Sumber: vapetrain.com

Pilihan menu snack pagi sehat yg bisa Anda nikmati diantaranya: 1 buah apel dengan 1 sendok makan selai kacang atau 125 gram strawberry dengan 200 gram greek yoghurt.

3. Makan Siang

Saat makan siang, Anda dapat menikmati menu diet berupa 250 gram dada ayam panggang, 1 mangkuk kecil nasi merah, dan 80 gram brokoli rebus.

Jika Anda menyukai ikan, maka pilihan menu 300 gram salmon panggang, 1 mangkuk kecil nasi merah, dan 90 gram tumis sawi dengan minyak zaitun.

4. Snack Sore

Dark Chocolate With Almond
Sumber: today.com

Di sore hari, Anda bisa menikmati protein bar yang dapat dibeli di sejumlah minimarket. Pilihan lainnya adalah 21 gram dark chocolate dengan 15-20 buah kacang almond.

5. Makan Malam

Rekomendasi menu diet sehat untuk makan malam Anda yakni: 250 gram dada ayam panggang, 2 lembar roti gandum, dan 1 porsi salad selada dan tomat.

Selain itu, Anda pun bisa bersantap malam dengan menu 250 gram daging ayam/ sapi tanpa lemak, 70 gram tumis jamur dengan cabai dan bawang, serta 90 gram pasta gandum.

Itulah pedoman singkat menyusun menu diet sehat. Tentunya, menu di atas tak hanya untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan. Anda yang ingin hidup lebih sehat pun bisa menerapkannya.

Yuk, coba sekarang!

Artikel ini telah ditulis oleh kaltengtoday.com dengan judul Panduan Menu Diet Sehat, Cocok Untuk Turunkan Berat Badan.
Silahkan share jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *