Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin meraih berat badan ideal, diet adalah langkah awal yang perlu dikerjakan. Namun, supaya memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan, diet yang Anda lakukan mesti sesuai dengan aturan.

Salah sesuatu aturan yang wajib diperhatikan sedari awal adalah, diet tidak akan efektif menurunkan berat badan bila harus “berdiri sendiri”. Karena sejatinya, menurunkan berat badan perlu kombinasi antara diet yang seimbang dan olahraga secara teratur.

Tak berhenti di situ, dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter berkata bahwa Anda juga mesti mematuhi anggaran berikut ini jika ingin sukses menurunkan berat badan:

  1. Harus sarapan

Anda disarankan untuk makan setidaknya 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur di pagi hari. Ini penting, tingkat metabolisme tubuh saat terbangun dari tidur di pagi hari mulai terus rendah hingga Anda mengisinya dengan makanan. 

Supaya sarapan yg dilakukan lebih berfaedah, pilihlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang, seperti roti gandum, telur rebus, dan sejenisnya. Hindari makanan yang terlalu banyak karbohidrat dan lemak, seperti nasi putih, gorengan dan hidangan manis. 

Faktanya, makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat justru mulai membuat Anda semakin lapar karena sulit dicerna oleh usus. Selain itu, kedua jenis makanan tersebut juga mampu membuat Anda tidak fokus dalam bekerja maupun beraktivitas di siang harinya. 

  1. Makan kadang dengan porsi sedikit 

Diet yg benar adalah mengurangi porsi makan, atau makan lebih kadang dengan porsi yang sedikit. Dikatakan dr. Alvin, Anda masih tetap bisa mengonsumsi camilan meskipun melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Jenis camilan yg bisa dijadikan pilihan, misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah kering.

“Tiga kali makan berat dan dua kali camilan itu telah cukup porsinya untuk diet bagi pemula. tetapi, makanan berat juga harus diperhatikan porsinya, jangan sampai berlebihan. Selain itu, pilihan makanan juga harus diperhatikan agar tetap sehat dan gizinya seimbang,” jelas dr. Alvin.

  1. Hanya konsumsi makanan yang masih “segar”

“Segar” yang dimaksud di sini adalah makanan yang berasal sumbernya secara langsung, alias tanpa melewati proses pengawetan terlebih dulu. Ingat, sayuran atau buah bisa kehilangan manfaatnya apabila diproses terlalu lama. Hal yang sama berlaku untuk makanan mengandung pengawet, sekalipun berbahan dasar buah ataupun sayuran.

Tak cuma itu, makanan yang mengandung pengawet dan dikemas dalam kaleng juga biasanya sudah ditambahkan gula, lemak dan garam. Sehingga, apabila Anda mengonsumsinya, diet yang sedang dijalani bisa saja mengalami hambatan.

  1. Banyak minum air putih 

Anda disarankan buat konsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari. Selain mencegah dehidrasi, mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air putih juga membantu mengoptimalkan laju metabolisme dalam tubuh dan melancarkan saluran cerna. 

Salah satu trik yang dapat Anda coba, konsumsilah satu gelas air putih sebelum makan besar. Ini bisa membuat Anda merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi bisa diminimalkan.

  1. Cukup istirahat

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7–8 jam setiap hari. Jika waktu tidur kurang dari itu, metabolisme tubuh akan terganggu dan diet yang sedang Anda jalani berpotensi mengalami kegagalan di tengah jalan. 

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus dikerjakan secara ekstrem. Akan lebih baik bila Anda melakukannya secara bertahap, agar tubuh bisa ikut terbiasa dengan sendirinya. Jangan lupa atur target yang realistis, agar Anda terus termotivasi dalam menerapkan diet seimbang demi meraih berat badan yg diimpikan.

 (NB/ RVS)

§

Ilustrasi Mengatasi Keputihan warna Putih Susu

Baca

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.klikdokter.com dengan judul Tips Diet Menurunkan Berat Badan untuk Pemula.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *