Jakarta (ANTARA) – Bukan rahasia lagi mengikuti diet sehat salah sesuatu kunci untuk menjalani hidup yang panjang tanpa terkena risiko berbagai penyakit. Berikut cara sederhana yang dapat Anda ikuti:

1. Sediakan makanan ringan yang sehat

Makanan ringan terkadang tak dapat Anda hindari karena bisa membuat sore lebih menyenangkan. Jadi mengapa tidak makan pilihan sehat juga? semisal buah-buahan, kacang-kacangan, dan pilihan lain yang tidak mengandung gula atau diproses.

2. Protein untuk sarapan

Protein harus menjadi bagian penting dari diet Anda dan harus membantu Anda memulai hari. Untungnya, sarapan kaya protein mudah salah satunya dengan makan telur, membantu menjaga Anda kenyang lebih lama dan meningkatkan metabolisme Anda.

3. Buah daripada jus

Meskipun jus buah sehat dan menyegarkan, tetapi sering kekurangan manfaat tambahan serat seperti dari makan buah utuh yang membantu membantu pencernaan Anda. Selain itu, jus buah juga memiliki bahan pengawet dan tambahan gula, jadi sebaiknya hindari.

4. Rencanakan makanan Anda

Merencanakan makanan harian Anda mulai membantu memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan setiap hari. Anda dapat berkonsultasi dengan seorang ahli gizi bagi membantu dalam hal ini.

5. Hidrasi

Hidrasi yg tepat penting, jadi pastikan Anda tidak berhemat konsumsi air. Minumlah setidaknya 8-10 gelas sehari buat menjaga tubuh Anda berfungsi dan kulit Anda bercahaya, demikian Medical Daily dikutip Senin.


Baca juga: Tips membuat “cookies” Lebaran buat penyandang diabetes

Baca juga: Lebaran usai, ini tips sehat dari pakar gizi

Baca juga: mampu picu penyakit, jangan panaskan opor

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020