Tips Sukses Diet Keto untuk Pemula, Bagaimana Cara Diet Ketogenik?

Tips Sukses Diet Keto untuk Pemula, Bagaimana Cara Diet Ketogenik?

Custom Text

Prinsip diet keto buat menurunkan berat badan adalah dengan menipiskan cadangan karbohidrat di dalam tubuh. Sebab, glukosa di dalamnya yang merupakan hasil dari pemecahan karbohidrat adalah sumber penting energi tubuh.

Namun, dengan konsumsi karbohidrat yang sangat rendah (5-10 persen per hari), lama-kelamaan cadangan karbohidrat di dalam tubuh pun akan menipis karena tak adanya persediaan.

Dengan adanya konsumsi lemak yang tinggi, maka tubuh pun lama-kelamaan akan “dipaksa” memakai keton (yang merupakan produk pemecahan lemak oleh hati) sebagai sumber energi.

Agar sukses menurunkan berat badan dengan diet keto, prinsip pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat secara drastis, karena diet keto hanya mengonsumsi karbohidrat sebanyak 5-10 persen.

Untuk mencapai ketosis, umumnya seseorang hanya boleh mengonsumsi karbohidrat sebanyak 20-50 gram dalam sehari. 

Selain mengurangi jumlah karbohidrat yg dikonsumsi secara drastis, pelaku diet keto harus mengonsumsi lemak dalam jumlah banyak, yakni 70 persen setiap harinya. Untuk mendapatkan asupan lemak sebanyak tersebut, tentunya tidak boleh sembarangan makan.

Anda mampu memilih sumber lemak yang lebih sehat dan mudah didapat, misalnya dengan menuangkan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam makanan. Minyak kelapa dan minyak zaitun adalah contoh lemak sehat.

Minyak kelapa mengandung lemak rantai melakukan, dan minyak zaitun kaya akan asam lemak tidak jenuh rantai pendek (MUFA) yg baik untuk kesehatan. Selain minyak, Anda juga bisa mendapatkan lemak sehat dari makanan seperti ikan laut dalam (salmon, tuna, kakap), alpukat, dan kacang-kacangan.

Selain konsumsi lemak, asupan protein juga harus diperhatikan, jangan sampai kekurangan. Anda bisa memperoleh asupan protein dari bahan makanan hewani seperti daging, unggas, ikan, makanan laut, telur, dan susu, atau dari bahan makanan nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Untuk mencapai ketosis lebih cepat, Anda dapat melakukan olahraga rutin minimal tiga kali seminggu, 30-60 menit dalam satu sesi. Karena ketika berolahraga, tubuh akan dipaksa untuk menggunakan cadangan karbohidrat.

Ketika cadangan tersebut habis, maka tubuh akan dipaksa menggunakan keton sebagai sumber energi, sehingga terciptalah ketosis.

Cara lain agar Anda mampu lebih cepat mencapai ketosis adalah dengan berpuasa selama beberapa jam. tidak perlu berpuasa setengah hari seperti pada bulan Ramadan, namun cukup 6-8 jam sehari.

Akan lebih baik seandainya Anda dapat memantau level ketosis yang telah dicapai dengan mengukur kadar keton di dalam tubuh yg bisa diukur dari napas, darah, atau urine. Dengan kadar keton yang tepat sesuai rekomendasi, maka diet keto yang Anda jalani pun mulai lebih optimal dan aman.

Artikel ini telah diterbitkan oleh www.klikdokter.com dengan judul Tips Sukses Diet Keto untuk Pemula, Bagaimana Cara Diet Ketogenik?.
Silahkan berbagi jika bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *